Massa Relawan Geruduk Kantor PB PON XX Papua Tagih Pembayaran Honor

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 15:35 WIB
Relawan PON XX Papua berunjuk rasa menuntut honor. (Wilpret/detikcom)
Relawan PON XX Papua berunjuk rasa menuntut honor. (Wilpret/detikcom)
jayapura -

Massa dari relawan PON XX Papua melakukan unjuk rasa dengan menggeruduk Kantor PB PON XX Papua. Massa menagih honor relawan yang belum terbayarkan.

Pantauan detikcom, massa bergerak menuju kantor PB PON XX Papua yang berada di Kantor Otonom Provinsi Papua di Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Jumat (29/10/2021). Massa menutup jalur menuju kompleks perkantoran di wilayah itu.

Sembari berorasi, massa juga membakar ban bekas serta kayu di jalur menuju kompleks perkantoran PB PON XX Papua. Jalur alternatif menuju Pantai Hamadi juga ditutup massa aksi.

Ratusan relawan tersebut menuntut kejelasan pembayaran honor selama bekerja menyukseskan PON XX Papua yang baru usai.

Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak bersama Ketua Relawan PON XX Papua Albertho Gonzales Wanimbo telah berada di lokasi aksi guna menenangkan situasi.

Aksi massa ini sempat membuat warga yang melintas panik. Namun dari pantauan detikcom, situasi aman-aman saja hingga massa membubarkan diri.

Albertho Wanimbo, yang juga Koordinator Bidang SDM PON XX Papua, sementara beraudiensi dengan massa untuk menjelaskan duduk persoalan hingga Panitia PON XX Papua belum bisa membayar honor relawan.

"Adek-adek relawan sabar dulu, saat ini Panitia sedang melakukan pendataan absensi dan masih koordinasi dengan bank yang akan membayarkan honor langsung ke rekening," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya baru saja mengirimkan absensi Relawan dari 4 klaster dan saat ini sedang membenahi administrasi.

"Saya mohon bersabar karena ini uang negara banyak yang harus dibenahi. Saya harap semua relawan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak benar, kami saat ini sudah berkoordinasi dengan pihak panitia," katanya.

Akhirnya para relawan membubarkan diri setelah mendapat penjelasan dari Ketua Relawan.

(nvl/nvl)