Ini Harapan Jokowi dari Digelarnya Kongres Kebangsaan MPR

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 21:38 WIB
1.

Ini Harapan Jokowi dari Digelarnya Kongres Kebangsaan MPR

Ini Harapan Jokowi dari Digelarnya Kongres Kebangsaan MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Presiden Joko Widodo bersama Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan turut serta dalam 'Kongres Kebangsaan'. Jokowi berharap Kongres Kebangsaan dapat melakukan refleksi mendalam tentang dunia masa kini dan yang akan datang.

"Serta menghasilkan rekomendasi besar bagi penguatan kebangsaan. Lebih penting lagi, bisa memberikan rekomendasi langkah-langkah perbaikan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kehidupan kebangsaan kita kedepan," ujar Jokowi, Kamis (28/10/2021).

Saat memberikan sambutan pembuka 'Kongres Kebangsaan', Jokowi mengatakan Sumpah Pemuda mengingatkan betapa pentingnya kata Satu; Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa, Indonesia yang menjadi kata kunci terwujudnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Walaupun ada lebih dari 270 juta penduduk, seluruhnya tetap satu kesatuan. Ada individu dengan segala kebebasannya, tetapi juga ada kepentingan bersama dengan segala konsensus dan konsekuensinya. Jokowi juga menjelaskan komitmen terhadap kebebasan individu dijamin konstitusi.

Tetapi menjadi Indonesia Incorporated, menjadi bangsa yang bersatu kekuatannya, merupakan syarat utama memenangkan persaingan global. Karena landscape ekonomi global saat ini penuh dengan disrupsi dan kompetisi.

"Setelah Revolusi 4.0, dalam dua tahun ini disrupsi dipertegas dengan kehadiran pandemi COVID-19, yang juga mengajarkan tentang posisi kita sebagai makhluk sosial. Makhluk yang tidak bisa selamat sendirian. Hanya bisa selamat kalau semua diselamatkan. Solusi keluar dari pandemi bukanlah solusi individual, melainkan solusi bersama. Pandemi juga mengajarkan moralitas dan etika tentang keseimbangan kebebasan individu dan stabilitas sosial serta kepentingan bersama," jelas Jokowi.

Halaman selanjutnya Bambang Soesatyo menerangkan Kongres Kebangsaan..