Hari Sumpah Pemuda, Bupati Kendal Ajak Warga Bangkitkan Pariwisata

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 17:16 WIB
Hari Sumpah Pemuda, Bupati Kendal Ajak Warga Bangkitkan Pariwisata
Foto: Dok. Pemkab Kendal
Jakarta -

Bupati Kendal Dico Ganinduto memperingati Hari Sumpah Pemuda di Pantai Indah Kemangi. Pemilihan lokasi upacara di Pantai Indah Kemangi merupakan langkah untuk membangkitkan semangat para pemuda, pelaku pariwisata dan pelaku UMKM di Kabupaten Kendal.

Dia ingin seluruh elemen pemuda agar bersatu dalam memajukan pariwisata sebagai tonggak utama pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19. Pasalnya, kata dia, Pantai Indah Kemangi merupakan salah satu yang menjadi fokus pengembangan wahana sport tourism di Kabupaten Kendal.

"Jadi adanya pertunjukan pentas kesenian dan olahraga di tempat pariwisata merupakan semangat yang akan kita wujudkan untuk menciptakan pariwisata Kabupaten Kendal yang terintegrasi. Tadi sudah kita lihat ada pentas barongan dan sepak takraw jadi ini akan menarik wisatawan datang lebih banyak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Oleh karena itu, dia berharap momentum sumpah pemuda ini bisa dimanfaatkan lebih jauh oleh masyarakat agar bangkit bersama. Sehingga hal ini dapat mewujudkan Kendal sebagai pusat pariwisata yang terintegrasi.

"Momentum sumpah pemuda juga merupakan momen utama kebangkitan pemuda terlebih di masa pandemi COVID-19 ini kita perkuat dengan percepatan pemulihan ekonomi melalui pariwisata terutamanya pariwisata berbasis olahraga dan budaya," imbuh Dico.

Diketahui, peringatan Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Kendal juga dimeriahkan adanya jambore pemuda, pameran 50 produk teknopreneur muda dan penyerahan hadiah bagi para pemenang ajang wirausaha muda pemula, pentas kesenian barongan, serta pertunjukan sepak takraw yang merupakan olahraga unggulan Desa Jungsemi.

Selain itu, Pantai Indah Kemangi sebagai lokasi upacara Sumpah Pemudah merupakan objek wisata yang dianggap cepat berkembang dengan melakukan inovasi pengembangan wahana sport tourism seperti banana boat, susur laut menggunakan perahu nelayan, ATV, delman, bersepeda, sepak takraw dan ke depannya Pantai Indah Kemangi juga sedang merintis wisata paramotor, jetski dan susur mangrove.

(akd/ega)