Jadi Rp 275-300 Ribu, Harga Tes PCR Indonesia Paling Murah di ASEAN

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:45 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan harga tes PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu. Bahkan ada yang Rp 275 ribu. Bagaimana perbandingan harga tes PCR ini dengan negara lain?

Sebagaimana diketahui, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan harga tes PCR diturunkan. Hal ini menyusul tes PCR menjadi syarat naik pesawat.

"Arahan presiden ini agar harta PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu," kata Luhut dalam konferensi pers virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Dia mengatakan Jokowi juga memerintahkan masa berlaku tes PCR diperpanjang. Menurutnya, Jokowi memerintahkan agar masa berlaku hasil tes PCR untuk naik pesawat menjadi 3x24 jam.

Perintah ini pun diapresiasi oleh ormas Pro Jokowi (Projo). Meski demikian, Projo menyebut ada mafia PCR yang merampok rakyat.

Menurut Ketua Satgas Nasional Gerakan Percepatan Vaksinasi COVID-19 DPP Projo Panel Barus, memotong biaya PCR menjadi Rp 300 ribu adalah langkah awal Presiden Jokowi memberantas mafia. Langkah awal tersebut diyakini akan diikuti keputusan tegas berikutnya.

"Presiden sudah tahu bahwa mafia PCR telah merampok rakyat yang kesusahan karena pandemi. Mafia itu parasit, benalu, dalam penanganan COVID-19," kata Panel Barus dalam pernyataannya pada Kamis (28/10/2021).

Lalu, bagaimana dengan harga tes PCR di negara lain?