Syarat Naik Pesawat Terbaru, Ada Perubahan soal Masa Berlaku PCR

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:26 WIB
Jakarta -

Syarat naik pesawat terbaru saat ini perlu diketahui kembali. Ada perubahan aturan mengenai masa berlaku PCR sebagai salah satu syarat naik pesawat di daerah Jawa Bali.

Saat ini hasil tes negatif PCR menjadi salah satu syarat penting dalam melakukan perjalanan dengan pesawat udara. Kebijakan ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Berikut informasi mengenai syarat naik pesawat yang sudah kami rangkum.

Syarat Naik Pesawat Terbaru: Perubahan Masa Berlaku PCR

Syarat naik pesawat terbaru terkait perubahan masa berlaku PCR ini tertuang dalam Inmendagri nomor 55 tahun 2021 tentang perubahan instruksi menteri dalam negeri nomor 53 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 3, level 2 dan level 1 di wilayah Jawa dan Bali.

Saat ini masa berlaku hasil tes PCR adalah 3 hari. Jadi, pelaku perjalanan bisa melakukan tes PCR H-3 sebelum keberangkatan. Instruksi Menteri ini mulai diberlakukan pada tanggal 27 Oktober 2021 kemarin sampai dengan tanggal 1 November 2021 mendatang.

Syarat Naik Pesawat Terbaru Lengkap

Berdasarkan perubahan Inmendagri tersebut, hasil tes PCR H-3 merupakan salah satu syarat melakukan perjalanan masuk atau keluar wilayah Jawa Bali menggunakan pesawat terbang. Selain itu untuk perjalanan antar Jawa Bali juga diwajibkan untuk menunjukan hasil tes negatif PCR H-3.

Selain itu, ada syarat lain yang harus dipenuhi yaitu pelaku perjalanan diwajibkan menunjukan sertifikat vaksin minimal dosis pertama. Hal ini dikecualikan bagi pelaku perjalanan dengan usia di bawah 12 tahun atau pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus yang tidak dapat menerima vaksin.

Setelah mengetahui syarat naik pesawat terbaru, berikut informasi mengenai protokol kesehatan yang harus ditaati dalam melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Aturan Naik Pesawat

Aturan mengenai protokol kesehatan yang berlaku saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat tercatat dalam SE Nomor 21 Tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Kemenhub. Adapun beberapa aturannya adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pelaku perjalanan diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer
  2. Memakai masker kain 3 lapis atau masker medis dengan benar, artinya masker menutupi hidung dan mulut.
  3. Tidak diperbolehkan untuk berbicara melalui telepon atau secara langsung
  4. Untuk penerbangan kurang dari 2 jam, pelaku perjalanan tidak diperbolehkan untuk makan dan minum. Hal ini dikecualikan bagi pelaku perjalanan yang wajib mengkonsumsi obat tertentu di jam yang tertentu.
(imk/imk)