Jokowi Akan Anugerahkan Gelar Pahlawan ke 4 Tokoh, Termasuk Usmar Ismail

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:19 WIB
Usmar Ismail
Usmar Ismail (ist.)
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan keputusan presiden (keppres) untuk menganugerahi gelar pahlawan nasional. Ada empat tokoh dari berbagai daerah yang akan dianugerahi gelar pahlawan.

"Bapak Presiden telah mengeluarkan keputusan untuk memberi gelar pahlawan kepada empat pejuang yang menginspirasi untuk membangun Indonesia yang merdeka dan berdaulat, dan atau ikut berjuang untuk memajukan Indonesia sehingga kemerdekaan itu menjadi lebih bermakna bagi bangsa dan negara," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

"Sehingga untuk tahun ini ditetapkan 4 orang yang diberi atau dianugerahi gelar pahlawan," sambungnya.

Mahfud menuturkan empat tokoh dipilih untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dengan mengutamakan pemerataan daerah sebagai syarat yang paling menonjol.

"Berdasar keputusan Presiden dengan kriteria banyak. Harus pernah berjuang melahirkan apa-apa yang bermanfaat bagi masyarakat, bagi kemajuan banyak. Syaratnya tetapi ya menonjol yang diajukan ratusan dan semua baik-baik. Maka pemerintah kali ini mengutamakan selain ketokohan yang lebih diutamakan adalah pemerataan kedaerahan," tuturnya.

Mahfud, yang juga menjabat Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan (DGTK), mengungkapkan empat daerah asal tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan. Daerah tersebut adalah Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, dan Banten.

"Sampai saat ini Sulawesi Tengah belum mempunyai pahlawan nasional, kemudian Kalimantan Timur juga belum mempunyai pahlawan nasional, Kalimantan Utara kita kesampingkan dulu karena baru merdeka sehingga pahlawannya belum bisa diidentifikasi. Tapi yang Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur ini adalah provinsi yang ada sejak awal Indonesia merdeka meskipun itu melalui pemekaran provinsi, tapi dari daerah itu ada pahlawan, kemudian dari Jakarta ada tokoh perfilman dan satu dari Banten pahlawan nasional tahun ini," ucapnya.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan pengumuman penganugerahan gelar pahlawan nasional disampaikan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada hari ini.

"Hari ini adalah Hari Sumpah Pemuda, yaitu satu tonggak sejarah di mana bangsa Indonesia bersatu untuk meraih kemerdekaan dengan mengusir penjajah 28 Oktober tahun 1998. Semangat itu dipanjangkan melalui sumpah pemuda dan pemudi Indonesia untuk berbangsa satu bertanah air satu dan berbahasa persatuan satu yaitu Indonesia. Tidak lama sesudah itu, hanya 17 tahun sesudah sumpah pemuda itu terjadi proklamasi kemerdekaan," ujarnya.

Simak juga 'Jokowi: Kebebasan Individu Dijamin Konstitusi, Tapi Ada Kepentingan Bersama':

[Gambas:Video 20detik]