Heboh Harta Karun Sriwijaya, Pemkot Kaji Sungai Musi Jadi Cagar Budaya

Prima Syahbana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 15:00 WIB
Barang-barang diduga harta karun Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di dasar Sungai Musi, Rabu (27/10/2021).
Barang-barang diduga harta karun Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di dasar Sungai Musi. (Prima Syahbana/deikcom)
Palembang -

Penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, menjadi sorotan. Pemkot Palembang terus mengkaji apakah Sungai Musi termasuk cagar budaya atau tidak.

"Saya minta Kabid Cagar Budaya koordinasi ke instansi terkait biar jelas terkait informasi itu. Saat ini masih dikoordinasikan oleh Dinas Kebudayaan dengan instansi-instansi terkait," ucap Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Agus Rizal kepada detikcom, saat ditanya tentang tindak lanjut adanya temuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi, Kamis (28/10/2021).

Agus mengaku pihaknya saat ini belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Dia mengatakan akan berkonsultasi terlebih dahulu terkait temuan-temuan harta karun yang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi tersebut.

"Kita belum bisa memberikan informasi yang jelas karena kami harus konsultasikan dulu," katanya.

Selain itu, Agus masih mengkaji regulasi seperti apa yang mengatur para penyelam yang mengambil barang antik di dasar Sungai Musi. Termasuk memastikan apakah ada hubungannya dengan peraturan daerah (perda) baru yang sudah ada.

"Kita masih menunggu regulasinya, regulasi terkait penyelaman para penyelam di Sungai Musi, akan kita rapat kan lagi. Karena kita juga kan ada Perda baru, nah kita masih mencari tahu apakah sungai musi termasuk terkait cagar budaya atau tidak," katanya.

Dia juga meminta waktu untuk bisa menjelaskan secara gamblang terkait regulasi yang menaungi soal informasi tersebut.

"Kami minta waktu satu minggu dari sekarang, biar saya bisa dapat informasi yang detail terkait dengan hal-hal itu, sambil mencari regulasinya seperti apa," jelasnya.

Lihat juga video 'Patung Kayu Tertua di Dunia! 2 Kali Lipat Lebih Tua dari Piramida Mesir':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)