Susuri Sungai, Gubernur Sumsel Bawa Bantuan buat Korban Puting Beliung

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 14:08 WIB
Herman Deru Beri Bantuan
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Sebanyak tiga desa di Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) masih terdampak bencana puting beliung yang terjadi pada Sabtu (23/10) lalu. Tiga desa itu yaitu Sungai Lebung, Harimau Tandang, dan Maju Jaya

Untuk memastikan kondisi warga di tiga desa tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru bertolak menuju lokasi bencana pada Rabu (27/10) kemarin. Meski untuk mencapai lokasi Herman Deru terpaksa harus menyusuri sungai menggunakan perahu tidak menyurutkan niatnya untuk bertemu dengan para korban.

"Kunjungan saya dan rombongan ke sini untuk melihat secara langsung apa yang terjadi. Sekaligus membawa bantuan serta membangkitkan kembali semangat warga yang kebanyakan berprofesi sebagai petani," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021)

"Kita bisa lihat bagaimana kuningnya padi yang tadinya lahan rawa, maka itu kita akan berikan stimulan agar bisa meningkatkan ekonominya," imbuhnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini juga mengapresiasi reaksi cepat Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bersama dengan pihak terkait seperti BPBD Provinsi, TNI/Polri atas kesigapannya dalam menjaga kondusivitas wilayah pasca bencana puting beliung itu terjadi.

"Saya datang membawa bantuan sejumlah bantuan sembako, obat-obatan, masker. Untuk merekonstruksi atau membangun kembali rumah yang rusak saya akan memberikan stimulan Rp 5 juta per satu rumah," ujarnya.

Herman Deru menilai wilayah sekitar termasuk daerah yang subur. Hal itu dibuktikan dengan tingginya produktivitas petani setempat, khususnya Desa Sungai Lebung yang telah aktif dalam mendongkrak Sumsel lumbung pangan.

"Untuk itu beberapa tahun belakangan ini Pemprov Sumsel melalui Bangubsus telah memberikan bantuan guna menormalisasi anak-anak sungai di sekitar sini agar dapat mengatur debit air sehingga daerah ini makin produktif, syukur-syukur bisa dua kali panen dalam satu tahun," harapnya.

Secara khusus Herman Deru mengharapkan para kepala desa bersama dengan petani untuk menjaga kelestarian sungai sebagai sumber pengairan pertanian sekaligus sebagai alar transportasi warga.

"Saya minta kades dan para petani agar menjaga kelestarian sungai ini," tutupnya.

Klik halaman selanjutnya >>