Pria di Bali Ngaku Calo Pegawai PDAM-Tipu Korban Rp 110 Juta Diciduk

Sui Suadnyana - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 12:20 WIB
I Made Arjana (41) ditangkap polisi lantaran melakukan penipuan Rp 110 juta dengan mengaku bisa meloloskan korbannya sebagai pegawai PDAM Bali. (dok. Istimewa)
I Made Arjana (41) ditangkap polisi lantaran melakukan penipuan Rp 110 juta dengan mengaku bisa meloloskan korbannya sebagai pegawai PDAM Bali. (Foto: dok. Istimewa)
Denpasar -

Seorang karyawan badan usaha milik daerah (BUMD) di Bali bernama I Made Arjana (41) ditangkap polisi. Dia ditangkap lantaran melakukan penipuan Rp 110 juta dengan mengaku bisa meloloskan korbannya sebagai pegawai perusahaan daerah air minum (PDAM).

"Modus operandi pelaku berpura-pura bisa membantu untuk meloloskan sebagai pegawai PDAM," kata Kasi Humas Polres Badung Iptu I Ketut Sudana dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Kamis (28/01/2021).

Sudana mengatakan tindak pidana penipuan tersebut terjadi di depan Bank Krisna, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Penipuan itu terjadi pada Senin (24/2), namun korban atas nama I Made Mudita (42) baru melaporkan penipuan tersebut ke Polsek Abiansemal pada Rabu (27/10).

Mendapatkan laporan tersebut, Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Abiansemal mengumpulkan bahan dengan meminta keterangan kepada korban dan saksi. Kemudian tim memperdalam informasi yang didapat dan akhirnya dapat menangkap pelaku di rumahnya di Banjar Dinas Semingan, Desa Petiga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

"Pelaku mengakui telah menerima dana Rp 110 juta. Selain itu, menurut pengakuan pelaku, juga terdapat empat korban lain," jelas Sudana.

"Menurut pengakuan pelaku, uang hasil penipuan sebagian dipakai untuk operasi sesar kelahiran anaknya, juga untuk biaya berobat istrinya serta untuk kebutuhan hidup sehari-hari," terang Sudana.

Dari hasil penangkapan pelaku, polisi menyita tiga kuitansi penyerahan uang dan satu buah surat pernyataan penyerahan uang. Pelaku kini diganjar dengan Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana 4 tahun.

Lihat juga Video: Pura-pura Pinjam Motor, Dua Pelaku Curanmor Diamuk Massa

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)