Video 20Detik

Cuti Nataru Dihapus, Pemerintah 'Adang' 19 Juta Orang Mudik

dtv - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 06:30 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei, ada belasan juta orang yang berniat mudik pada momen libur natal dan tahun baru (nataru). Jokowi pun tak ingin momen itu jadi pemicu terjadinya gelombang ketiga Covid-19.

"ini dari hasil survei, ini ada 19,9 juta orang yang ingin mudik, berniat mudik. ini jumlahyang tidak sedikit. Inilah yang harus kita antisipasi, semua provinsi, kab/kota, mengingatkanwarganya agar natal dan tahun baru ini lebih baik tidak bepergian kemana-mana. kita masih menghadapi kemungkinangelombang ketiga yang tidak kita harapkan" ujar Jokowi lewat kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/10).

Namun niat warga yang hendak mudik sepertinya akan diadang pemerintah. Pasalnya, cuti bersama libur natal dan tahun baru dihapus.

Keputusan pemerintah hapus cuti bersama Natal tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri. SKB itu bernomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Melalui SKB itu, pemerintah sepakat memangkas cuti bersama pada 24 Desember 2021 mendatang. Di sisi lain, pemerintah juga melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengambil cuti untuk memanfaatkan momentum hari libur nasional. Hal ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

(gra/gra)