Dinilai Populis, Bamsoet Sabet Penghargaan Sebagai 'National Figure'

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 22:24 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meraih penghargaan 'National Figure' dalam Teropong Democracy Award 2021. Bamsoet dinilai mampu merajut keberagaman di Indonesia, populis, dan peduli terhadap minoritas.

"Keberagaman merupakan fitrah kebangsaan yang tidak dapat dipungkiri. Sejak mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara kesatuan, yang hidup dalam kemajemukan budaya, suku, ras, dan agama, sejak saat itulah konsep kebhinekaan telah menyatukan kita dalam satu ikatan kebangsaan," ungkap Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (27/10/2021).

"MPR yang mengemban visi sebagai rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat mendapat mandat untuk menginternalisasikan empat konsepsi kenegaraan, yang kemudian dikenal dengan sebutan Empat Pilar MPR RI. Terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Teropong Democracy Award 2021 yang diselenggarakan dalam suasana peringatan Hari Parlemen 16 Oktober dan Sumpah Pemuda 28 Oktober, dapat menjadi momentum kebangkitan bagi segenap pemangku kepentingan. Khususnya entitas pilar-pilar demokrasi, untuk senantiasa berkontribusi secara nyata dalam pembangunan demokrasi di Tanah Air, yang hingga saat ini pun masih mengalami pasang surut dan dinamika.

"Dinamika ini akan terus hadir, mengingat saat ini kita menyongsong hadirnya perhelatan kontestasi politik Pemilu 2024. Suhu politik akan semakin menghangat. Kehidupan demokrasi akan terus ditempa oleh berbagai tantangan, yang tidak hanya menuntut kesiapan. Tetapi juga kedewasaan kita dalam menyikapi berbagai isu politik, agar suhu politik tetap kondusif, dan semangat menjaga persatuan serta kesatuan bangsa tetap menjadi panglima," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menekankan semakin tinggi kualitas demokrasi suatu negara, semakin sejahtera kehidupan rakyatnya. Untuk itu, kata dia. upaya membangun demokrasi merupakan usaha yang berkesinambungan, tidak berhenti pada satu titik pencapaian, atau bahkan mengalami kemerosotan. Adapun figur-figur yang dijadikan tumpuan bagi penguatan demokrasi salah satunuya adalah para wakil rakyat.

"Melalui pelaksanaan tugas-tugas konstitusionalnya di lembaga perwakilan, para wakil rakyat harus senantiasa memperjuangkan aspirasi rakyat dengan penuh tanggung jawab, serta mengaktualisasi-kan dan mengabdikan diri sebagai kepanjangan tangan dari konstituen yang diwakilinya. Dukungan Teropong Senayan melalui pemberian penghargaan, dapat menjadi tambahan motivasi bagi para wakil rakyat agar bekerja lebih baik lagi," cetus Bamsoet.

Selain penghargaan National Figure dari Teropong Senayan, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini juga telah mendapatkan sejumlah penghargaan, antara lain Wing Kehormatan Penerbang Kelas 1 dari TNI-Angkatan Udara (2021), Warga Kehormatan dari TNI-Angkatan Laut (2020), Warga Kehormatan Korps Brimob (2020), dan Warga Kehormatan Badan Intelijen Negara (BIN) (2020).

Penghargaan lain yang juga diperobel Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (P B KODRAT) ini, yakni Parliament of The Year 2021 dari Teropong Parlemen Awards 2021, APERSI Award 2020 dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Inspiring Leader of Politician dari Teropong Senayan (2020), Best Institution Leader dari Obsession Media Group (2020), Rising Star of Democracy dari Teropong Senayan (2020), serta Parliament of The Year 2020 dari Teropong Senayan (2020), dan sederet penghargaan lainnya.

Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini juga mengoleksi berbagai rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), di antaranya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Anggota Komunitas Motor Terbanyak (2020), Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Kejuaraan Tembak Nasional Legislator Championship dengan Penembak Terbanyak (2020). dan Penyelenggara Turnamen Catur dengan Peserta Master Terbanyak di Dunia (2019).

(ega/ega)