Kata Warga soal Indomaret Persilakan Warga Ditagih Parkir Lapor Polisi

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 19:47 WIB
Salah satu Indomaret di Bekasi
Salah satu Indomaret di Bekasi. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan salah satu Indomaret di Bekasi Selatan yang mempersilakan warga melapor ke polisi jika ditagih parkir menuai pro dan kontra bagi warga sekitar. Ada warga yang menyatakan setuju dan ada yang menyatakan tidak setuju jika parkir di Indomaret berbayar.

Salah satu warga sekitar bernama Fathan mengaku lebih setuju jika ada juru parkir di Indomaret. Sebab, juru parkir itu sebagai pengaman kendaraan konsumen yang berbelanja di Indomaret.

"Saya lebih setuju kalau ada juru parkir karena memang dari pihak Indomaret itu tidak menyediakan pengamanan gitu, satpam atau gimana. Kan kalau kita kehilangan ditanggung masing-masing, jadi ini saling bantu aja lah warga sekitar," ujar Fathan saat ditemui di lokasi, Rabu (27/10/2021).

Dia mengaku merasa aman memarkirkan kendaraannya di Indomaret jika ada juru parkir. Sejauh ini, dia juga tidak pernah mendapat paksaan dari para juru parkir untuk membayar jasa mereka menjaga motor di Indomaret.

"Tapi kalau saya sendiri sebagai warga tidak pernah keberatan untuk diminta gitu, karena memang mereka jaga motor kita, ngeluarin motor kita, dan juga pengalaman saya sejauh ini belum ketemu jurkir yang arogan gitu. Kalau kita nggak ada duit, dia juga bisa ngerti, 'ya sudah Pak nggak apa, nggak usah dibayar'," katanya.

Salah satu warga Bekasi, FathanSalah satu warga Bekasi, Fathan (Karin/detikcom)

Berbeda dengan Fathan, warga lainnya, Jauhari, mengatakan setuju dengan adanya parkir gratis yang diterapkan di sejumlah minimarket. Menurutnya, langkah tersebut merupakan bentuk dari kepedulian Indomaret dalam melindungi konsumen.

"Jadi konsumen nggak yang merasa risi tiap keluar dari Indomaret malah ditagih-tagih gitu kan. Ini kan perlindungan konsumen juga dari Indomaret," kata Jauhari.

"Iya lumayan (uangnya kalau ditotal) karena kadang kan duitnya pas kita nyari duit recehan dulu," sambungnya.

Hal serupa dikatakan oleh Vito. Dia berpendapat jika aturan tersebut bagus selama ada regulasi yang jelas. Sebab, banyaknya parkir ilegal tidak menjamin keamanan kendaraannya juga.

"Toh kita kadang parkir cuma 2 menit, dan nggak ada jaminan motor aman atau nggak kemalingan dari mereka," kata Vito.

Lihat juga Video: Wanita Malah Marah saat Ditegur Parkir Depan Toko Orang, Ini Aturannya

[Gambas:Video 20detik]