Gubernur Sumsel Ingin Festival Budaya Melayu Digelar di Banyak Daerah

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 19:15 WIB
Herman Deru Ingin Festival Budaya Melayu Digelar di Banyak Daerah
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumsel Herman Deru membuka Festival Budaya Melayu Sumsel Tahun 2021 di Ballroom Sriwijaya Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa (26/10). Festival ini diadakan untuk mengajak para generasi penerus mengenal warisan budaya yang telah diberikan oleh para leluhur.

Lewat acara tersebut, kata Herman Deru, para pemuda dapat mengetahui Melayu itu bukan hanya sekadar identitas, tapi sebuah peradaban yang tercermin dalam perilaku keseharian dan pakaian.

"Artinya kita bangga menjadi bagian melayu ini. Kita mengadakan ini sebagai wujud cinta kita kepada melayu," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Sebagai Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia, Herman Deru meminta untuk tidak menjadikan rumpun Melayu ini eksklusif, sebab adat melayu bisa berbaur dengan siapapun dan bisa menerima siapapun. Ia berharap ke depan Festival Budaya Melayu lebih digaungkan lagi, bahkan jika perlu dilaksanakan hingga tingkat nasional.

"Saya ingin kegiatan ini untuk diperbesar dengan digemahkan secara nasional bukan hanya di Sumsel karena Melayu tersebar di 21 Provinsi di Indonesia," sebut Herman Deru.

Herman Deru pun menyampaikan Pemprov Sumsel saat ini sedang merencanakan penggunaan pakaian Melayu di kegiatan atau hari kerja akan. Hal itu dikatakannya masih diperbincangkan terkait warna dan ikon yang diinginkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal mengatakan Festival Budaya Melayu digelar untuk mengembangkan adat budaya melayu. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan lagu daerah, tari melayu dan lainnya dengan diikuti oleh para perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumsel.

(akd/ega)