Polres Ungkap Alasan Indomaret Bekasi Persilakan Warga Ditarik Parkir Lapor Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 15:53 WIB
Juru parkir liar di minimarket di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Foto: Juru parkir liar di minimarket di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Jakarta -

Kebijakan salah satu Indomaret di Bekasi Selatan yang membebaskan biaya parkir kepada pengunjung menuai pujian. Kebijakan itu merupakan hasil koordinasi dengan pihak kepolisian.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing membeberkan alasan penerapan kebijakan itu. Dia mengatakan tindakan itu untuk mengurangi konflik perebutan lahan parkir di Bekasi.

"Dari Indomaret juga selalu berkoordinasi terkait masalah parkiran itu jangan sampai diributkan atau diperebutkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Erna saat dihubungi, Rabu (27/10/2021).

Erna membenarkan pihak Indomaret dan kepolisian telah berkoordinasi perihal kebijakan bebas tarif parkir. Sedari awal pihak Indomaret disebut menginginkan tidak adanya biaya parkir yang harus dikeluarkan oleh para pengunjung.

"Kita berkoordinasi baik dengan Indomaret jangan sampai ada meresahkan masyarakat yang pengen belanja. Memang dari pihak Indomaret itu sendiri yang menginginkan tidak adanya biaya parkir," terang Erna.

Erna menambahkan, pihaknya pun aktif melakukan pengecekan ke lapangan untuk memastikan kebijakan bebas tarif parkir Indomaret di Bekasi benar-benar berlangsung dengan baik.

"Kita nanti akan koordinasi dengan Indomaret. Di Bekasi Selatan kan sudah ada spanduk yang imbau kalau ada pasang parkir buat laporan," ucap Erna.

"Kita petugas kepolisian selalu libatkan Babinsa, Binmas, ada petugas kelurahan yang melakukan kegiatan door to door system," tambahnya.

Kebijakan Indomaret di Bekasi ini menuai pujian di media sosial Twitter. Ada akun @RDNADN, yang memasang foto spanduk di Indomaret ini.

"Parkir Gratis. Khusus konsumen Indomaret, apabila ada pihak meminta uang parkir dan Anda merasa dirugikan, silakan laporkan Pasal 368-371 KUHP ke Polsek terdekat," demikian potongan kalimat di spanduk warna kuning itu.

Spanduk itu mencantumkan nomor polisi yang bisa dihubungi, yakni nomor Polsek Bekasi Selatan dan Polres Metro Bekasi. Cuitan tertanggal 26 Oktober ini sudah di-retweet 6.818 kali dan dikutip 1.377 kali. Sudah 22,6 ribu akun yang me-like cuitan ini.

detikcom menghubungi Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf, untuk meminta penjelasan mengenai kebijakan Indomaret di Bekasi tersebut.

"Itu hasil koordinasi dengan Pemda dan kepolisian," kata Wiwiek kepada detikcom, Kamis (27/10/2021).

Simak juga 'Akhir Kisah 3 Warga Lembang Usai Viral Getok Tarif Parkir Rp 150 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/dwia)