Kata Warga soal Mobile JKN: Paling Bermanfaat Itu Ada Fitur Kartu Digital

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 15:45 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Di era digitalisasi dan masa pandemi saat ini, BPJS Kesehatan terus berupaya menghadirkan inovasi demi memudahkan akses layanan bagi peserta JKN-KIS. Salah satunya dengan mengoptimalkan aplikasi Mobile JKN.

Kemudahan mengakses layanan ini pun turut dirasakan oleh Zulfin Daali (35), peserta JKN-KIS dari segmen PPU. Selama pandemi, ia mengatakan telah memaksimalkan manfaat Mobile JKN untuk mendapatkan pelayanan dan kemudahan tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

"Saya sudah menggunakan aplikasi Mobile JKN ini hampir dua tahun lamanya, banyak sekali fitur dan menu yang ada di aplikasi ini, tapi yang paling mendesak dan bermanfaat sekali menurut saya adalah fitur kartu digital. Karena sering sekali terjadi kita lupa membawa kartu gara-gara ketinggalan dompet atau dibawa sama istri, tapi kan kalau handphone selalu diingat jadi tidak mungkin lupa, jadi sangat membantu sekali," terang Zulfin dalam keterangan tertulis, Rabu (27/10/2021).

Selain fitur kartu digital, Zulfin mengatakan Mobile JKN juga memudahkan dirinya untuk memastikan status kepesertaan keluarganya. Lewat Mobile JKN, ia dapat memeriksa berkala iuran dari anggota keluarga yang ditanggungnya dengan mudah.

"Hal lain yang sering saya lakukan adalah karena saya punya tanggungan anggota keluarga dua orang di luar gaji, mereka itu ada iurannya jadi saya bisa pantau dan cek ada berapa preminya, sudah bayar atau belum. Kalau misalnya lupa, tinggal dicek, sejak bulan berapa. Jadi seperti itu yang memudahkan saya," ungkapnya.

Menurut Zulfin, fitur lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah fitur screening mandiri. Dengan fitur ini, ia dapat mengetahui lebih dulu risiko penyakit yang ada berdasarkan pola hidup yang dijalani sebelum berobat. Di samping itu, Zulfi mengatakan Mobile JKN juga memiliki fitur lain seperti chat dokter dan ubah data peserta.

"Ada juga fitur informasi ketersediaan tempat tidur dan ubah data yang pastinya sangat bermanfaat apalagi saat pandemi seperti ini," pungkas Zulfin.

(akn/ega)