Pemkot Palembang Cek Kabar Sungai Musi Ladang Harta Karun Sriwijaya

M Syahbana - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 14:15 WIB
Ilustrasi kota Palembang (Raja Adil-detikcom)
Foto: Ilustrasi kota Palembang (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi menjadi sorotan. Pemkot Palembang akan mengecek kebenaran soal temuan itu.

"Kita sedang koordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Kebudayaan, untuk mengecek ke lapangan (Sungai Musi) terkait informasi tersebut," ucap Sekda Palembang, Ratu Dewa, kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Dewa mengatakan pihaknya akan mengerahkan para penyelam untuk mencari barang-barang diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang disebut berada di Sungai Musi.

"Segera kita sikapi dan menghimpun para penyelam. Akan kita tindak lanjuti dengan mencari beberapa penyelam untuk mencari kebenarannya untuk memastikan kebenaran informasi tersebut," jelas Dewa.

Penemuan harta karun diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Sungai Musi sebelumnya menjadi sorotan internasional. Benda yang ditemukan di sana bermacam-macam.

Seperti dilansir The Guardian, Selasa (26/10), harta karun peninggalan Sriwijaya ini ditemukan oleh nelayan. Benda berharga itu ada di dasar Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Temuan luar biasa itu terdiri dari koin, permata raja, hingga patung Buddha yang disebut dibuat pada abad ke-8. Komunitas Pecinta Antik Sriwijaya (KompakS) pun menyayangkan selama ini peneliti Indonesia seakan tidak peduli.

"Kami tahu informasi itu sudah lama sejak lama, sekitar tahun 2009 lalu, saat itu sempat menjadi perdebatan juga di Komunitas kami," kata Ketua Komunitas Pecinta Antik Sriwijaya, Yudi, Rabu (27/10).

Yudi mengatakan pihaknya sangat menyayangkan informasi ini malah muncul dari luar negeri. Informasi ini, menurutnya, sudah diketahui para penyelam dan pencinta barang antik di Palembang sudah sejak lama, namun tidak diakui.

"Tapi sayangnya pemerintah seakan tidak peduli akan temuan dari Sungai Musi tersebut. Mereka para penyelam awalnya hanya mencari barang bekas seperti besi dan lainnya, karena penemuan barang antik diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya itu nilainya lebih menjanjikan mereka pun fokus ke sana," kata Yudi.

Simak juga 'Saat Gubernur Sumsel soal Alex Noerdin Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)