Warga Perbaiki Sementara Jembatan Rusak Terendam Air di Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 12:29 WIB
Jembatan rusak di Inhil, Riau, telah diperbaiki sementara oleh warga (dok. Istimewa)
Jembatan rusak di Inhil, Riau, telah diperbaiki sementara oleh warga (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Jembatan rusak yang menjadi penghubung antarkecamatan di Indragiri Hilir (Inhil), Riau, diperbaiki. Jembatan diperbaiki secara darurat oleh masyarakat setempat.

"Jembatannya sudah diperbaiki. Perbaikan sementara di lantainya," ujar warga, Khaidir, kepada detikcom, Rabu (27/10/2021).

Khaidir menyebut perbaikan jembatan itu dilakukan oleh masyarakat setelah ada mobil pikap pengangkut ayam yang terperosok. Kondisi jembatan itu sudah lebih baik.

"Sudah lebih baik, lantainya sudah dibuat lebar. Lebih amanlah. Tapi kalau bisa ini dibangun permanen karena masyarakat sudah merindukan jembatan sama jalan mulus," katanya.

Kepala Desa Pulau Kecil, Muhammad Pawit, mengatakan jembatan itu diperbaiki untuk mencegah ada korban lagi.

"Kemarin langsung diperbaiki. Itu bantuan dari desa oleh Pemkab Inhil, ada bantuan berbentuk material untuk perbaikan," kata Pawit.

Pawit mengatakan jembatan diperbaiki sementara sebelum ada pembangunan secara permanen. Dia berharap ada pihak yang membantu perbaikan jembatan secara permanen.

Dia mengatakan pihaknya telah memasang pagar di sisi jembatan agar pengendara bisa lebih berhati-hati saat melintas. Dia berharap tak ada lagi korban jatuh dari jembatan.

"Di pinggir hari ini dipasang pembatasnya. Masih dikerjakan supaya pengendara bisa lebih hati-hati dan bisa lebih aman karena tahu batas jembatan," katanya.

Sebelumnya, jembatan kayu yang menjadi akses utama di Indragiri Hilir, Riau, rusak karena terendam air. Warga mengaku waswas saat melintas.

Jembatan itu berada di Parit 16, Desa Pulau Kecil, Reteh, Kabupaten Inhil. Jembatan darurat dari batang kelapa itu kerap terendam air saat kondisi pasang.

Warga pun harus ekstrahati-hati sambil menunggu air surut untuk bisa melintas menuju Kota Tembilahan. Terbaru, ada mobil pengangkut ayam yang terperosok ke sungai saat melintasi jembatan darurat.

Dia juga menyebut warga kesulitan melintas di waktu air pasang. Warga juga kerap menggendong orang yang sakit untuk menyeberangi jembatan darurat yang didirikan perangkat desa bersama masyarakat.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.