Puting Beliung Terjang 4 Desa di Wajo Sulsel, 191 Rumah Rusak

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 09:49 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Foto ilustrasi badai. (iStock/Willowpix)
Wajow -

Sebanyak 191 rumah rusak akibat angin puting beliung yang menghantam wilayah Wajo, Sulsel. Ratusan rumah yang rusak ini tersebar di 4 desa, sedangkan Pemprov Sulsel langsung mengirimkan bantuan ke lokasi bencana.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Rabu (27/10/2021), lokasi yang terdampak berada di Kecamatan Sabbangparu dan Kecamatan Maniangpajo.

"Penyebab bencana akibat cuaca ekstrem. Angin kencang yang disertai hujan merusak rumah warga di 4 desa," kata Kabid Kebencanaan BPBD Sulsel Andi Wahid saat dikonfirmasi.

Akibat kejadian pada Selasa (26/10) siang kemarin, 26 unit rumah rusak berat, 51 unit rusak sedang, dan 114 unit rusak ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pascakejadian ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bergerak cepat memenuhi bantuan logistik untuk para korban terdampak.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, langsung menginstruksikan BPBD Provinsi Sulsel menyalurkan bantuan ke Kabupaten Wajo.

"Kami menerima informasi jika kemarin siang hujan deras mengakibatkan 191 unit rumah rusak di empat desa pada Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, akibat bencana angin puting beliung," kata Andi Sudirman Sulaiman.

"Alhamdulillah, Selasa malam tadi BPBD Provinsi mempersiapkan logistik dan akan dikirim malam ini menuju Kabupaten Wajo untuk warga terdampak yang rumahnya rusak," tambah dia.

Persiapan bantuan logistik pun langsung dipantau oleh Kepala BPBD Sulsel, Muhammad Firda. Adapun bantuan yang akan dikirimkan untuk Kabupaten Wajo berupa logistik pangan dan logistik shelter.

Lihat juga video 'Puting Beliung 'Aneh' Muncul di Kuba':

[Gambas:Video 20detik]



(tfq/nvl)