Round-Up

Antara Masalah Komunikasi Istana dan Posisi Jubir Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 06:23 WIB
Presiden Joko Widodo hadiri acara Global Covid-19 Summit yang digelar secara virtual, Rabu (22/9/2021).
Foto: Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Perbincangan perihal jabatan Juru Bicara (Jubir) Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) semakin hangat setelah Fadjroel Rachman dilantik menjadi Duta Besar (Dubes) RI. Masalah di lingkaran Presiden Jokowi juga terkuak akibat perbincangan hangat terkait posisi Jubir Presiden ini.

Adalah mantan Jubir Presiden, Johan Budi Sapto Prabowo, yang membongkar masalah internal dimaksud. Menurut Johan Budi, tak jarang orang-orang di lingkaran Istana yang kerap mewakili Presiden Jokowi di depan publik.

"Selama ini lingkaran di Istana itu banyak yang ngomong, lingkaran Istana itu ya dari Sekneg, dari Seskab, dari KSP gitu. Itu semua ngomong, gitu. Kalau ngomong selalu mewakili Pak Jokowi gitu," kata Johan Budi kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Presiden Jokowi sendiri dinilai masih membutuhkan jubir. Sebab, ketika tidak ada jubir, tak boleh ada pihak yang mewakili Jokowi selaku Presiden RI.

"Kalau memang khusus untuk Pak Jokowi, ya harus ada jubir. Tapi, ketika ada jubir, itu harus semua dia yang ngomong, nggak boleh orang lain mewakili," ujar Johan Budi.

Sebagai mantan Jubir KPK, yang dinilai andal dalam berkomunikasi dengan masyarakat, Johan Budi menyarankan agar Jubir Presiden nantinya harus cocok dengan Jokowi. Hanya Jokowi yang tahu siapa sosok seperti yang diusulkan Johan Budi.

"Aduh, saya nggak bisa, saya nggak tahu. Gini loh, nggak bisa orang luar ini cocok sama Pak Jokowi, nggak bisa. Yang tahu itu Pak Jokowi. Pertanyaan ini harus ke Pak Jokowi, jubir Pak Jokowi itu kan harus tahu Pak Jokowi, gitu maksud saya," sebut politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu.

"Jadi tidak boleh ada interest sendiri, nggak boleh, jubir itu harus bener-bener apa yang dimauin Pak Jokowi itu seperti apa," imbuhnya.

Setidaknya ada empat nama yang mencuat ke publik. Salah seorang di antaranya sudah meninggal dunia. Jokowi disarankan memilih jubir yang memiliki kapasitas seperti empat nama tersebut.

Simak juga video 'Siapa Pengganti Fadjroel Rachman Sebagai Jubir Presiden?':

[Gambas:Video 20detik]



Siapakah mereka? Baca di halaman berikutnya.