Mahfud Minta Keamanan dan Prokes COVID Saat Peparnas Papua Dijaga Ketat

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 20:33 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md meminta aparat keamanan meneruskan kesuksesan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua sampai Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI. Dia tidak ingin muncul permasalahan keamanan dan penanganan protokol kesehatan saat Peparnas berlangsung.

Hal itu disampaikan Mahfud saat memimpin rapat evaluasi pelaksanaan pengamanan PON dan persiapan pengamanan Peparnas, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (26/10/2021). Rapat dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, perwakilan Kemenko PMK dan perwakilan TNI-Polri, serta BIN Papua.

"Selaku penanggung jawab keamanan pelaksanaan PON dan Peparnas berdasarkan Instruksi Presiden, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi, sekaligus berharap agar sukses pengamanan PON di Papua ini berlanjut hingga sukses pengamanan Peparnas bulan November besok," kata Mahfud seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10).

Mahfud mewanti-wanti agar pelaksanaan Peparnas XVI nantinya tidak menimbulkan permasalahan. Terutama protokol kesehatan COVID-19.

"Jangan sampai Peparnas besok membuat noda, karena itu kita ketemu hari ini untuk menjamin keamanan dan penegakan protokol kesehatan saat pelaksanaan event yang akan berlangsung di Jayapura," ujarnya.

Menpora Zainuddin Amali menekankan protokol kesehatan dan urusan pelayanan menjadi hal yang tak kalah penting dalam pelaksanaan Peparnas. Meski jumlah atlet dan ofisial kata Zainudin lebih sedikit dibanding PON.

"Peparnas walaupun lebih sedikit jumlah atlet dan ofisialnya yang sekitar 3.500, tapi lebih sensitif karena itu perlu kualitas pelayanan yang lebih baik dari PON," ucapnya.

Peparnas XVI akan berlangsung pada 2-15 November 2021 di Papua. Peparnas Papua akan diikuti 12 cabang olahraga yang semuanya akan berlangsung di Kabupaten dan Kota Jayapura. Ini berbeda dengan PON yang ketika itu juga berlangsung di kota Timika dan Merauke.

(dek/lir)