Sukmawati Izin ke Keluarga-Megawati Pindah Agama Hindu: Tak Ada Penolakan

Sui Suadnyanya - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 17:09 WIB
Makassar -

Putri Presiden pertama RI, Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, mengaku telah meminta izin kepada keluarga dan Megawati Soekarnoputri soal akan pindah ke agama Hindu. Sukmawati menyebut tak ada penolakan dari keluarganya.

"Saya bilang sama Mas Guntur abang saya, 'Mas, saya mau pindah agama lah jadi Hindu.' Kemudian kepada Guruh saya juga bilang. (Dijawab) ya silahkan saja. Semuanya sih silakan saja gitu kan. Itu kan pilihan pribadi masing-masing," ujar Sukmawati dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Setelah mendapat restu dari kedua saudaranya, yakni Guntur Soekarnoputra dan Guruh Sukarnoputra, Sukmawati lalu meminta izin kepada anak-anaknya. Restu pindah ke agama Hindu juga diberikan oleh anak-anaknya.

"Kemudian anak dulu, saya belum bilang Ibu Mega, terus anak-anak, anak-anak bertiga (bilang) ya silakan saja kalau Ibu mau pindah agama Hindu kita dukung maunya Ibu. Jadi nggak ada masalah, penolakan nggak ada," katanya.

Selanjutnya, Sukmawati menulis surat kepada saudaranya, Megawati Soekarnoputri, yang isinya meminta restu pindah ke agama Hindu. Sukmawati mengatakan dia harus mengirim surat kepada Megawati karena sulit untuk menemuinya.

"Saya permisi (ke Megawati), saya beri tahu saya mau pindah agama, mau kembali ke agamanya Eyang Putri, gitu, ya silakan saja, semua jawabannya gitu. Jadi nggak ada penolakan, semuanya bisa dimengerti," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sukmawati Soekarnoputri telah selesai menjalankan ritual pindah ke agama Hindu atau Sudhi Wadani. Putranya, Muhammad Putra Al Hadad, turut menyaksikan secara langsung ritual upacara pindah agama Sukmawati.

"Upacara telah berlangsung dengan baik tadi, dan langsung disaksikan oleh putra beliau yang hadir langsung di Bali mewakili keluarga, yaitu Bapak Muhammad Putra Al Hadad," ujar Presiden The Soekarno Center Arya Wedakarna dalam keterangannya kepada wartawan di Bali, Selasa (26/10).

Arya mengungkapkan, Sukmawati telah resmi memeluk agama Hindu setelah melakukan rangkaian acara Sudhi Wadani yang diselenggarakan di beberapa tempat di Bali, yakni di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Buleleng. Rangkaian dilakukan sejak 25, 26, dan 27 Oktober besok.

"Kemarin telah dilaksanakan upacara melukat, yang di mana Ibu Sukmawati telah melakukan upacara penyucian diri di Pantai Utara, Buleleng yang dipimpin oleh pendeta-pendeta yang dipimpin dan difasilitasi oleh para keluarga dari Balai Agung Singaraja, yang dimana tempat leluhur dari ibunda Bung Karno," ujarnya.

Simak juga 'Blak-blakan Sukmawati':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)