Tingkatkan Pelayanan Publik, PPSDM Migas Realisasi Penguatan WBBM 2021

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 11:39 WIB
PPSDM Migas
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM Migas) Kementerian ESDM tengah melakukan reformasi birokrasi untuk menuju Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) sejak tahun 2018. Ini agar semakin dipercaya oleh para pengguna layanan, baik itu pelatihan, sertifikasi dan layanan yang lain.

Sub Koordinator Tata Usaha PPSDM Migas Sri Wahjoe Handajani menjelaskan bahwa setelah akhirnya pada tahun 2020 PPSDM Migas mendapatkan predikat WBBM, di tahun 2021 ini PPSDM Migas melakukan penguatan Zona Integritas.

"Iya, setelah mendapatkan predikat WBBM, pada tahun ini kita melakukan implementasi penguatan Zona Integritas dengan melakukan berbagai kegiatan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Hal itu diungkapkannya ketika menerima rombongan Tim Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM pada Jumat (22/10/21) di Patra 1 Gedung PPSDM Migas.

Dalam kesempatan sharing session tersebut, ia menjelaskan PPSDM Migas terus melakukan implementasi Penataan Tata Laksana dengan menciptakan Pengembangan Sistem Informasi Digitally Arsip dimulai per 1 Februari 2021. Untuk meningkatkan pelayanan publik, PPSDM Migas melakukan make up class untuk studio mengajar sehingga pelatihan yang berbasis online dapat berlangsung dengan lancar.

"Implementasi penguatan enam area perubahan Zona Integritas lainnya adalah membuka Klinik Utama 'Bhina Migas Medical Center' sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik. Selain itu, adanya manajemen perubahan dengan berhasilnya PPSDM Migas meraih Juara 3 Lomba Hemat Energy Gedung Perkantoran Kementerian ESDM," ungkapnya.

Diungkapkannya, di masa pandemi ini, PPSDM Migas juga turut serta menyukseskan program vaksinasi merdeka bersama Menteri BUMN, Mensesneg, Menhub, Pertamina, Polres, dan Pemkab Blora.

"Sebagai salah satu implementasi manajemen perubahan, PPSDM Migas juga turut aktif program vaksinasi merdeka dengan kerja sama berbagai pihak yang telah memvaksin lebih dari 3.000 lebih dosis kepada masyarakat cepu. Itu merupakan bukti bahwa PPSDM Migas turut serta aktif menekan laju COVID-19 di wilayah Cepu dan sekitarnya," ujarnya.

Koordinator Umum dan Kepegawaian Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Kementerian ESDM Tanti Wijayanti berharap sharing session di PPSDM Migas dapat bermanfaat.

"Kami berterima kasih kepada PPSDM Migas telah menerima Ditjen Gatrik pada kesempatan sharing session pada hari ini. Dengan harapan Ditjen Gatrik dapat mencontoh keberhasilan PPSDM Migas dan pada akhirnya mendapat predikat WBBM," ungkap Tanti.

(ncm/ega)