detik's Advocate

Saya Belikan Istri Mobil Malah Buat Selingkuh, Bisakah Saya Pidanakan?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 07:55 WIB
Ilustrasi Perselingkuhan
ILustrasi (Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Kisah rumah tangga penuh dengan romantika. Ada yang berjalan mulus dan bahagia tapi ada pula yang berujung saling curiga dan berakhir sengketa. Berikut salah satu ceritanya.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate yang dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com Berikut pertanyaan lengkapnya:

Dear redaksi detikcom,
Selamat pagi,

Saya mau konsultasi masalah hukum terkait perselingkuhan yang dilakukan istri saya. Saya mendapatkan bukti percakapan/chat antara istri saya dengan seorang lelaki yang juga sudah berkeluarga, di chatnya mereka sudah mengumbar kemesraan bahkan sampai membicarakan mengenai alat kelamin dan juga ML.

Di samping itu mereka udah sering bertemu beberapa kali, cuma belum pernah kegrebek saja.
Saat saya konfirmasi mengenai hubungan itu, mereka berdua bahkan mengakui kalau sedang bekerjasama untuk menjebak saya, saya nggak tahu motivasinya apa kok malah mengancam saya seperti itu.

Apakah saya bisa mempidanakan mereka dengan pasal tindakan tidak menyenangkan (karena telah mengganggu keharmonisan rumah tangga), pasal pemufakatan jahat, dan pasal perzinaan?

Dari bukti-bukti chat perselingkuhan tersebut apakah bisa saya pakai untuk memperjuangkan hak asuh anak?
Saat ini saya mempunyai 2 anak, umur 12 tahun dan 7 tahun.

Saya nggak terima diperlakukan seperti ini karena saya selama ini sudah melaksanakan kewajiban saya dengan selalu menafkahi dan memberikan fasilitas mobil, tapi ternyata malah digunakan untuk pergi-pergi dengan selingkuhannya.

Mohon pencerahannya.
Note: initial saya tolong disamarkan.
Terimakasih.

Best regards,


Untuk menjawab masalah di atas, tim detik's Advocate meminta pendapat hukum advokat Beny Araras, S.E., S.H., M.H. Berikut jawaban lengkapnya:

Lihat juga Video: Bantahan Jennifer Jill soal Stefan William Selingkuh dari Celine

[Gambas:Video 20detik]