Level PPKM Banjarmasin Terbaru, Sesuai Inmendagri 54/2021

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 19:51 WIB
Level PPKM Banjarmasin Terbaru, Sesuai Inmendagri 54/2021
Level PPKM Banjarmasin Terbaru, Sesuai Inmendagri 54/2021 (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

Level PPKM Banjarmasin penting diketahui di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dalam perpanjangan PPKM, sejumlah aturan di Banjarmasin turut disesuaikan karena melihat evaluasi di wilayah tersebut.

Dalam evaluasi minggu lalu, level PPKM Banjarmasin mengalami penurunan. Beberapa aturan pun disesuaikan dengan kondisi terkini Banjarmasin.

Untuk mengetahui kabar level PPKM Banjarmasin, detikcom sudah merangkumnya berdasarkan Inmendagi 54/2021. Berikut rangkumannya.

Level PPKM Banjarmasin: Turun Jadi Level 2

Informasi pertama mengenai level PPKM Banjarmasin terkait statusnya. Kalau sebelumnya PPKM Banjarmasin level 4, kini Banjarmasin menerapkan PPKM level 2. Artinya, ada penurunan level sejak PPKM darurat diberlakukan.

Meski demikian, ke depan belum diketahui nasib level PPKM Banjarmasin. Namun, sementara waktu, PPKM Banjarmasin diberlakukan dari 19 Oktober-8 November 2021.

"Perpanjangan PPKM disampaikan kepada Bapak Presiden dan disetujui, di luar Jawa-Bali 19 Oktober sampai 8 November, dalam 3 minggu, dengan evaluasi dilakukan setiap minggu," ujar Airlangga dalam paparan media yang digelar secara virtual.

Level PPKM Banjarmasin: Aturan PTM yang yang Berlaku

Status level PPKM Banjarmasin sudah dibahas. Selanjutnya, mari simak pula aturan yang dilonggarkan pemerintah.

Merujuk Inmendagri 54/2021, aturan ini berlaku selama tiga pekan, yakni mulai 19 Oktober-8 November 2021. Pembelajaran tatap muka boleh digelar dengan ketentuan berikut:

  1. Untuk wilayah zona hijau dan zona kuning, kegiatan belajar mengajar diatur sesuai dengan arahan Kemendikbudristek dengan penerapan protokol kesehatan ketat
  2. Untuk wilayah di zona oranye, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) boleh dilakukan maksimal kapasitas 50%
  3. Sementara kapasitas PTM untuk SDLB, MILB, SMPLB, SMALB dan MALB maksimal 62%-100% dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal peserta didik per kelas. Adapun khusus untuk PAUD, kapasitas PTM maksimal 33% dan menjaga jarak minimal 1,5 meter, maksimal peserta didik 5 orang per kelas
  4. Untuk wilayah zona merah, pembelajaran dilakukan secara jarak jauah.


Level PPKM Banjarmasin: Aturan WFO-Resepsi Pernikahan

Aturan lain yang ikut dilonggarkan dalam level PPKM Banjarmasin yakni WFO-resepsi pernikahan. Dalam Inmendagri teranyar, begini ketentuannya:

  1. Kegiatan pada sektor non esensial sebagai berikut:
    - Untuk wilayah zona hijau, kuning dan oranye, dapat melakukan Work From Office (WFO) maksimal 50% untuk pegawai yang telah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk dan keluar
    - Untuk wilayah zona merah, dapat melakukan WFO maksimal 25 persen untuk pegawai yang telah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk dan keluar
  2. Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 75%
  3. Bioskop dapat beroperasi dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kapasitas maksimal 70% dan hanya kategori Hijau dan Kuning yang diizinkan masuk. Untuk anak-anak dilarang masuk.

Selengkapnya soal level PPKM Banjarmasin dapat dilihat di halaman berikutnya.