Jokowi Temukan Banyak Kelemahan Pengawasan di Tengah Peningkatan Mobilitas

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 16:07 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Menko Marves Luhut Pandjaitan menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pengawasan protokol kesehatan di lapangan perlu diperhatikan. Sebab, saat ini terjadi kenaikan mobilitas seiring pelonggaran PPKM di berbagai level.

"Penurunan level di berbagai kabupaten/kota di wilayah Jawa dan Bali memberikan dampak terhadap kenaikan indeks komposit mobilitas di atas baseline," kata Luhut, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Luhut mengatakan Presiden Jokowi meminta agar pengawasan protokol kesehatan kembali diketatkan. Sebab, meski saat ini PPKM dilonggarkan, pencegahan lonjakan kasus perlu diperhatikan.

"Terkait hal ini Presiden juga mengingatkan bahwa mulai banyak kelemahan pengawasan di lapangan dan harus segera kembali di jaga dan dipertegas pengawasannya karena kunci dari penyesuaian atau pelonggaran PPKM ialah manajemen pengawasan lapangan," ujarnya.

Luhut mengatakan pemerintah melakukan briefing ke jajarannya untuk memperhatikan pengawasan dan memperhatikan prokes. Sebab, di banyak negara, pengawasan terhadap protokol kesehatan tidak terjadi sehingga terus terjadi lonjakan kasus baru.

"Kita hari ini tidak boleh lengah karena kasus yang rendah, karena banyak di negara lain terutama di negara di Eropa yang mengalami kenaikan kasus signifikan meskipun vaksinasinya tinggi. Di negara tersebut relaksasi kegiatan sosial dilakukan dengan cepat dan protokol ketat kesehatan dilupakan, ini saya mohon dimengerti jadi kalau ada langkah-langkah kami yang kelihatan ketat kami memang mempertimbangkan betul, karena kalau nanti lebar baru pada ribut," kata Koordinator PPKM Jawa Bali itu.

(yld/tor)