Kebanjiran, Warga di Pekanbaru Ngungsi ke Rumah Keluarga

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 13:58 WIB
Warga evakuasi barang-barang dari rumah yang terendam banjir (Raja-detikcom)
Foto: Warga evakuasi barang-barang dari rumah yang terendam banjir (Raja-detikcom)
Pekanbaru -

Hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru, Riau, dan sekitarnya sejak tadi malam. Sejumlah daerah terendam banjir hingga sepinggang orang dewasa.

Pantauan detikcom, Senin (25/10/2021), banjir merendam salah satu perumahan di Jalan Cengkeh Harapan Raya, Pekanbaru. Air mulai naik sekitar pukul 05.00 WIB.

"Pagi tadi hujan deras 2,5 jam, langsung lah air naik dan masuk ke rumah kami. Saat ini sekitar 50 cm lebih air naik," kata seorang warga, Rahmi.

Dia mengatakan ada 60 kepala keluarga yang mengungsi karena rumahnya kebanjiran. Dia mengatakan banjir sudah berulang kali terjadi sejak 2018.

"Pihak developer sudah upayakan tanggul, tapi hanya berfungsi memperlambat debit masuk. Bukan menahan air untuk tidak masuk, kami sebagai warga upayahkan menempuh jalur hukum. Tapi belum ada kabar," katanya.

Banjir juga merendam kawasan Tenayan Raya. Daerah dengan dataran rendah tersebut terendam banjir akibat hujan deras dini hari tadi.

Salah satu sekolah yang terendam banjir adalah SD Negeri 140 Pekanbaru di Jalan Karya, Tenayan Raya. Banjir merendam sekeliling sekolah hingga ke ruang belajar.

Ketinggian air yang merendam sekolah itu mencapai 30-50 cm. Guru dan pelajar harus memanjat pagar demi masuk ke sekolah.

Simak juga 'Polres Gorontalo Terendam Banjir, Tahanan Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)