Tito Kenang Sosok Sekjen Kemendagri Hudori: Pekerja Keras-Tak Pernah Ngeluh

Firda Cynthia Anggraini - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 13:32 WIB
Mendagri Tito Karnavian usai menyalatkan jenazah Sekjen Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Firda Cynthia-detikcom)
Jakarta -

Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Muhammad Hudori, meninggal dunia. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengenang Hudori sebagai sosok pekerja keras dan santun dalam bertutur kata.

Pantauan detikcom, Senin (25/10/2021), jenazah Muhammad Hudori disemayamkan di rumah duka di Jalan Raya Tengah, Condet, Jakarta Timur. Karangan bunga tampak berjejer di sekitar rumah duka Muhammad Hudori.

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) I Edison Siagian, Direktur SUPD II Iwan Kurniawan, Direktur SUPD III Budiono Subambang, dan Direktur SUPD IV Zanariah tampak melayat ke rumah duka.

Jenazah Muhammad Hudori kemudian dibawa ke Kantor Kemendagri di Jakarta Pusat. Jenazah almarhum Muhammad Khudori disalatkan di Masjid An Nuur. Mendagri Tito ikut menyalatkan jenazah.

"Hari ini kita merasakan kedukaan yang sangat mendalam, merasa kehilangan, kehilangan seorang sosok yang menjadi panutan bagi kita dan selama ini bekerja dengan sangat baik di lingkungan Kemendagri," kata Tito di Masjid An Nuur.

Dia menyebut almarhum merupakan sosok yang santun dalam bertutur kata. Dia mengatakan sangat terbantu oleh kerja keras Hudori.

"Almarhum secara pribadi selama lebih kurang 2 tahun saya kenal, sebagai sosok pekerja keras, beliau adalah sosok yang amat santun dalam bertutur kata, sangat lembut tapi tegas dalam tindakan, selalu berpikir positif kepada semua orang dan kemudian tidak pernah mengeluh baik pada saat jabatan beliau sebagai Dirjen Bangda dan sebagai Sekjen," katanya.

"Saya selaku Menteri sangat terbantu," sambungnya.

Kakak almarhum Hudori, Khunen, berharap doa agar segala amal ibadah Hudori diterima Allah SWT.

"Permohonan doa tentunya kepada ibu bapak semua agar almarhum senantiasa diterima iman Islamnya, diampuni dosanya, dilapangkan alam kuburnya, Insyaallah masuk surganya Allah SWT," ujarnya.

Usai disalatkan, jenazah kemudian diantarkan Muda Praja IPDN Angkatan-32 ke dalam ambulans. Jenazah kemudian dibawa ke pemakaman di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat.

Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, meninggal dunia pada pukul 22.04 WIB, Minggu (24/10). Muhammad Hudori dikabarkan wafat di MRCCC Siloam.

(haf/haf)