Paman Cabuli Ponakan di Tanjungbalai Ditangkap Usai 2 Tahun Buron

Perdana Ramadhan - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 10:32 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Foto: Ilustrasi pelaku tindak pidana ditangkap (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Tanjungbalai -

Pelarian selama dua tahun seorang paman yang ketahuan mencabuli ponakannya sendiri akhirnya berakhir. Warga Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) itu ditangkap polisi.

"Pelaku dilaporkan oleh ibu kandungnya atas perbuatan pencabulan yang dilakukan terhadap anaknya," kata Kasubag Humas Polres Tanjungbalai, Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (25/10/2021).

"Kejadiannya terjadi pada bulan Agustus 2019 lalu," sambung Ahmad Dahlan.

Paman tersebut mencabuli ponakannya yang saat itu berusia 14 tahun. Usai perbuatannya ketahuan, dia menghilang. Hingga pada Jumat (22/10), pelaku diketahui keberadaannya dan diringkus di Tanjungbalai Utara.

"Saat itu pelaku dan korban tinggal satu rumah, di mana pelaku merupakan adik ayah kandung pada korban," tutur Ahmad Dahlan.

Aksi tersebut dilakukan sekitar Agustus 2019 siang. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, paman tersebut dijerat Pasal 81 Ayat (2) subsider Pasal 82 Ayat (1) Undang-Undang RI No 17 Tahun 2018 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI No 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

Simak juga 'Modus Minta Dipijat, Ayah di Sukabumi Tega Cabuli Anak Tiri':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)