Sekretariat Ahmadiyah Depok Disegel, Kemenag Ingatkan soal SKB 3 Menteri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Okt 2021 09:09 WIB
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin,
Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin (Foto: Dok Kemenag)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) buka suara terkait penyegelan yang dilakukan Satpol PP Depok terhadap Sekretariat Ahmadiyah, di Jalan Raya Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kemenag meminta agar semua pihak patuhi SKB 3 Menteri yang ada.

"SKB tiga menteri (Menteri agama, Jaksa Agung dan Mendagri) adalah titik moderat yang mengakomodir kepentingan semua pihak dan masih relevan untuk dijadikan instrumen mengatasi masalah Ahmadiyah. Syaratnya semua pihak harus patuh pada SKB tersebut. SKB mengatur apa yang harus dilakukan oleh Jamaah Ahmadiyah, masyarakat dan juga pemerintah," kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, saat dihubungi, Minggu (24/10/2021).

Kamaruddin menyebut, sesuai SKB tersebut, Ahmadiyah harus berhenti menyebarkan tafsir menyimpang dari pokok ajaran agama Islam. Namun di sisi lain, kata dia, masyarakat dan semua pihak juga tidak boleh menghakimi kelompok Ahmadiyah.

"Ahmadiyah harus menghentikan penyebaran penafsiran dan kegiatan yang menyimpang dari pokok ajaran agama Islam seperti mengakui Mirza Gulam Ahmad sebagai nabi. Masyarakat harus tetap menjaga kerukunan dan tidak boleh bertindak sendiri atau main hakim sendiri jika menemukan aktivitas yang menyimpang tapi melaporkannya kepada pihak yang berwenang," ucapnya.

Lebih lanjut, Kamaruddin juga meminta Pemerintah Daerah justru memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap SKB 3 menteri tersebut. Dia menyebut ini demi ketertiban, keamanan, dan kerukunan hidup beragama di Indonesia.

"Pemerintah dan pemerintah daerah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap SKB tersebut agar ketertiban dan keamanan dapat terjaga dengan baik. Jika semua pihak mengikuti SKB ini insyaAllah kerukunan akan terjaga dengan baik," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'PKB Minta SKB 3 Menteri soal Ahmadiyah Dicabut':

[Gambas:Video 20detik]



Sekretariat Ahmadiyah di Sawangan Depok Disegel

Sebelumnya, Satpol PP Kota Depok menyegel kembali Sekretariat Ahmadiyah di Jalan Raya Muchtar, Kelurahan Sawangan Baru, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok M Taufiq meminta jemaah Ahmadiyah menghentikan segala aktivitas.

Taufiq menjelaskan penyegelan ini dilakukan berdasarkan SKB 3 Menteri, Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2011, dan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 9 Tahun 2011 tentang Larangan Kegiatan Jemaat Ahmadiyah Indonesia di daerah setempat.

"Tim pengawasan sudah dibentuk, kami akan terus melakukan pengawasan terhadap mereka," kata M Taufiq seperti dilansir Antara, Jumat (22/10).

Sementara itu, kuasa hukum Aliansi Masyarakat Kota Depok, Daniel Sucahyadi, menegaskan pihaknya akan mengawasi kegiatan Ahmadiyah.

"Kami akan awasi setiap kegiatan Ahmadiyah dan akan melaporkan ke pemerintah karena keberadaan mereka sudah dilarang oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," katanya.

(maa/imk)