Arus Deras dan Tumpukan Sampah Halangi Pencarian Bocah Tenggelam di Kali Angke

Khairul Ma'arif - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 22:20 WIB
Hari kedua proses pencarian bocah yang tenggelam di Kali Angke
Hari kedua proses pencarian bocah yang tenggelam di Kali Angke (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang Selatan -

Pencarian hari kedua terhadap bocah berinisial PY yang tenggelam di Kali Angke belum membuahkan hasil. Tumpukan sampah di Kali Angke menjadi kendala Tim SAR dalam proses pencarian.

"Tim SAR gabungan harus mengurai sampah tersebut dan melakukan pencarian di antara tumpukan sampah yang mungkin saja korban tersangkut di antara obstacle tersebut," kata Kepala Basarnas Jakarta, Hendra Sudirman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/10/2021).

Kendala lain yaitu, arus Kali Angke Serpong juga dinilai cukup deras. Serta jarak pandang di bawah permukaan air juga membuat tim SAR gabungan tidak bisa melakukan proses penyelaman di sekitar area pencarian.

Hendra mengatakan pihaknya hari ini telah mengoptimalkan pencarian hingga radius lima kilometer di sepanjang arus kali dengan menggunakan perahu karet. Kemudian juga melakukan upaya pencarian dengan menyisir daratan secara visual di bantaran kali tersebut hingga radius dua kilometer.

"Tim SAR gabungan hari ini masih terus melakukan upaya pencarian terhadap korban meskipun berbagai kendala banyak ditemui di lapangan, kita berharap korban segera ditemukan. Hingga hari ini kurang lebih ratusan personil SAR gabungan dikerahkan dalam operasi pencarian PY," ujar Hendra.

Sebelumnya, diketahui bocah perempuan, PY, terpeleset di Kali Angke, Serpong, Tangerang Selatan sejak Sabtu (23/10/2021) sekitar pukul 15.30 WIB. Peristiwa ini bermula saat PY sedang bermain bersama dua temannya di bantaran Kali Angke.

Namun, naasnya, PY terpeleset jatuh ke Kali Angke yang arusnya cukup deras yang membuatnya tenggelam dan terseret arus. Sampai saat ini, tim SAR gabungan masih terus melakukan upaya pencarian.

(eva/eva)