Round-Up

Kisi-kisi Survei Terkini Saat Megawati Kontemplasi Penerus Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 22:03 WIB
Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri di Istana
Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri masih melakukan kontemplasi. Megawati berkontemplasi guna mencari penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masih merenungnya Megawati untuk menentukan siapa calon presiden yang bakal diusung PDIP pada Pilpres 2024 itu diungkap Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Sabtu (23/10). Hasto mengatakan, Megawati memohon petunjuk Tuhan dan mendengar suara rakyat sebelum menentukan siapa capres dari PDIP.

"Urusan siapa yang akan menjadi presiden yang akan datang, partai tentu saja mengambil pertimbangan matang mendengarkan aspirasi rakyat dan itu yang dilakukan Ibu Megawati Soekarnoputri. Termasuk melakukan kontemplasi mohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa, terhadap sosok pemimpin yang benar-benar layak untuk meneruskan kepemimpinan dari Pak Jokowi," kata Hasto.

Penuh Pertimbangan

Hasto menuturkan, Megawati memiliki banyak pertimbangan sebelum memberikan tiket emas kepada sosok penerus Jokowi nanti. Hal yang sama, lanjutnya, juga dilakukan Megawati sebelum memberikan dukungan kepada Jokowi untuk maju di Pilpres 2014 dan 2019.

Puan-Ganjar Kader Potensial

Hasto kemudian bicara soal sejumlah nama kader potensial PDIP yang bisa saja diusung untuk Pilpres 2024. Nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masuk di dalamnya.

"Partai terus menyiapkan langkah-langkah kaderisasi bagi hadirnya pemimpin untuk bangsa dan negara termasuk di dalamnya ada Mbak Puan, ada Pak Ganjar Pranowo, dari kalangan pemerintahan ada Bu Risma kemudian ada Pak Anas dari Banyuwangi, ada Pak Oli dan kalau dari jajaran internal partai yang tidak duduk di dalam pemerintahan, ada juga sosok seperti Mas Prananda Prabowo, Pak Ahmad Basarah, dan sebagainya," ujarnya.

Survei Terkini

Sejumlah nama yang disebutkan Hasto memang masuk dalam bursa calon presiden 2024 di sejumlah survei. Salah satu yang kerap mewarnai bursa yakni Ganjar Pranowo.

Nama Ganjar bahkan kerap masuk dalam peringkat dua besar di survei bersama Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Bahkan dalam survei Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar dan Prabowo sejajar. Tak hanya itu, elektabilitas Ganjar juga beberapa kali di puncak.

Selain Ganjar, nama lainnya seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga kerap masuk dalam bursa capres. Namun, sayangnya keduanya tak sejaya Ganjar dalam sejumlah survei terkini.

Risma beberapa kali masuk dalam peringkat 10 besar. Sedangkan Puan lebih kerap bertengger di posisi belasan. Kendati demikian, nama keduanya juga kerap menghilang dari daftar.

Lalu, siapa sosok yang akan diberi tiket untuk meneruskan Jokowi oleh Megawati? Berikut kisi-kisi survei capres terkini:

Simak di halaman selanjutnya.