Viral Dugaan Kecurangan Seleksi CASN, BKN Terjunkan Tim untuk Forensik

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 19:20 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Ilustrasi tes seleksi CASN (Grandyos Zafna)
Jakarta -

Viral soal adanya dugaan kecurangan terkait seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) beredar di media sosial. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengaku sudah mendengar dugaan kecurangan itu dan tengah melakukan forensik.

Informasi terkait dugaan kecurangan ini beredar luas di media sosial, Minggu (24/10/2021). Salah satu akun medsos yang memviralkan informasi tersebut bahkan membeberkan dugaan kecurangan yang terjadi dalam seleksi CASN di Buol, Sulawesi Tengah. Dalam unggahan yang viral itu disebutkan adanya kecurangan terkait salah satu CASN mendapatkan nilai tertinggi hingga CCTV dan lokasi tes yang bisa diatur.

Tak hanya itu, kecurangan bahkan disebut diduga terjadi sampai ke server CAT BKN.

BKN Sudah Bergerak

Kepala BKN, Bima Wibisana pun angkat suara terkait informasi dugaan kecurangan yang viral tersebut. Dia memastikan pihaknya sudah mengetahui terkait adanya kecurangan tersebut.

"BKN sudah tahu jauh lebih dulu," ucap Bima saat dihubungi detikcom, Minggu (24/10/2021).

Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria WibisanaKepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana Foto: Ari Saputra

Lebih lanjut, Bima memastikan pihaknya saat ini tengah menelusuri dugaan kecurangan seleksi CASN tersebut. Dia menyebut sudah menerjunkan tim BSSN untuk melakukan forensik.

"Sudah diforensik oleh tim BSSN," ucapnya.

Meski demikian, Bima belum bisa membeberkan terkait temuan tim BSSN tersebut. Dia menyebut akan memberitahukan ke media berkaitan dengan temuan tersebut.

"'Ruang'nya nanti sekalian. Tidak satu persatu. Biar 'adil' untuk semua media," tuturnya.

Simak video 'Sederet PR KemenPAN-RB Demi ASN Lebih Profesional':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/imk)