Ketua DPD RI Bicara Urgensi Vaksin COVID untuk Anak-anak

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 15:07 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mattalitti
Foto: DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengomentari penelitian vaksin COVID-19 untuk anak-anak yang dilakukan di Amerika Serikat. Ia mendorong pemerintah RI untuk bergerak cepat dalam penyediaan vaksin untuk anak-anak.

Penelitian di AS itu menyebut vaksin Pfizer/BioNTech memiliki efikasi hingga 90,7% untuk melawan virus Corona pada anak-anak. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji klinis yang dilakukan terhadap anak-anak berusia lima hingga 11 tahun.

"Saya kira itu kabar bagus. Pemerintah perlu meresponnya dan perlu segera mengambil langkah konkret mengenai vaksin COVID-19 anak-anak agar kita menekan potensi lost generation," ujar LaNyalla dalam keterangan tertulis, Minggu (24/10/2021).

Ia berharap Kementerian Kesehatan dan otoritas terkait memperhatikan hasil riset tersebut. LaNyalla juga mendorong agar para peneliti Indonesia mengambil langkah cepat dalam membuktikan kebenaran efikasi dari beberapa vaksin tersebut untuk anak-anak.

"Jika benar tingkat efikasi atau kemanjurannya dan ketepatannya, kita berharap vaksin Pfizer/BioNTech itu segera mendapatkan lampu hijau dalam penggunaannya sehingga bisa segera dilakukan penyuntikan ke anak-anak," sebut LaNyalla.

Ditambahkan LaNyalla, vaksin COVID-19 untuk anak-anak menjadi penting menyusul pembukaan sekolah tatap muka. Menurutnya, vaksinasi membuat orangtua dan anak-anak merasa nyaman dan aman mengikuti PTM.

"Masih adanya kekhawatiran dari para orang tua, terutama usia SD dan TK yang mengikuti belajar tatap muka karena belum adanya vaksin bagi anak usia tersebut. Dengan adanya vaksin bagi anak pasti akan menambah kepercayaan diri para orang tua murid dalam melepas anaknya ke sekolah," urai LaNyalla.

Simak juga 'Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda':

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)