Bukan Cuma Liburan atau Belanja, Ini Cara Lain Temukan Kebahagiaan

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 24 Okt 2021 09:04 WIB
CXO Media
Foto: CXO Media
Jakarta -

Menurut kamu, bagaimana sih caranya untuk menemukan sebuah kebahagiaan? Pergi liburan hingga berbelanja memang bisa menjadi pilihan. Tapi tahukah kamu kalau ada cara lain untuk menemukan kebahagiaan tersebut.

Dilansir dari program FYI di YouTube CXO, sebuah penelitian yang dilakukan di University of California menunjukan hal utama untuk meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan adalah cukup dengan berbuat baik, mudah bukan? Hasil dari penelitian tersebut juga menemukan berbuat kebaikan dapat meningkatkan mood dan membuat kita menjadi lebih positif dan berenergi.

EIts nggak hanya itu saja, berdasarkan penelitian, orang yang sering berbuat baik memiliki 23% lebih sedikit hormon kortisol (hormon stress) dan bisa menua lebih lambat dari yang seharusnya. Lebih mengejutkannya lagi, kebaikan bisa mempengaruhi bagaimana perkembangan sel dalam tubuh kita.

"Sebuah studi menunjukan seseorang yang sering berbuat kebaikan relatif memiliki telomeres yang lebih panjang, telomeres ini sendiri adalah bagian penting di dalam kromosom lho. Jadi, seiring bertambahnya usia, telomeres akan memendek karena sel akan semakin menua, dan telomeres yang lebih pendek biasa dikaitkan dengan kematian," tutur narator FYI dikutip dari YouTube CXO, Jumat (22/10/2021).

Kesimpulannya kalau kamu sering berbuat kebaikan dapat membuat hidup menjadi lebih lama dari yang seharusnya. Pada faktanya, penelitian sudah membuktikan manfaat dari berbuat baik memberikan dampak lebih besar kepada pemberi dibandingkan penerima. Oleh karena itu, membantu orang lain berarti membantu diri sendiri juga untuk mendapatkan kebaikan.

Lalu seperti apa contoh berbuat kebaikan? Kamu bisa melakukannya mulai dari hal-hal kecil seperti memuji temanmu, membawakan belanjaan orang tua, atau bersedekah. Hasil survei kebahagiaan Harvard Business School tahun 2010 di 136 negara menemukan orang yang dermawan secara finansial dan aktif beramal adalah orang yang paling bahagia.

"Salah satu bentuk sedekah yang bisa dilakukan bisa dengan berwakaf karena dengan waqaf kita termasuk bersedekah dan bisa membantu banyak orang, bahkan manfaat dari amalan wakaf ini pahalanya akan terus mengalir loh meskipun sudah meninggal," lanjutnya,

Wakaf adalah harta atau aset yang bergerak maupun yang tidak bergerak dan disediakan untuk kepentingan umum namun dilakukan secara sukarela. Harta atau aset yang dimaksud ini biasanya adalah properti atau alat-alat.

Tapi tenang, sebab saat ini wakaf bisa semudah jajan kopi. Misalnya kamu tiap hari beli Kopi Susu seharga Rp 18 ribu. Nah, sekarang dengan uang Rp 18 ribu itu kamu sudah bisa melakukan wakaf. Jadi sekarang dengan nominal berapapun kamu udah bisa berwakaf yang bisa membantu untuk mendirikan pesantren kaum duafa yang akan jadi calon hafiz quran.

Nah, untuk memulai wakaf ini gampang banget, kamu bisa berwakaf melalui Dompet Dhuafa. Caranya dengan membuka link donasi.dompetdhuafa.org lalu klik tombol 'Donasi Sekarang', kemudian bisa langsung isi Form Donasi, dan terakhir tinggal lakukan pembayaran dengan banyak metode yang tersedia.

Mudah banget kan? Jadi jangan lupa untuk berbuat kebaikan karena banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah mudah menemukan dan meningkatkan kebahagiaan!

(ega/ega)