detikcom Do Your Magic

Lampu Mulai Ditambah, Ini Kondisi Lokasi Pelecehan Dekat Stasiun Sudirman

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 20:16 WIB
Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Jakarta -

Jalur pedestrian seberang Stasiun Sudirman dan Stasiun MRT BNI City ini telah menjadi tempat pelecehan seksual saat malam. Sebelumnya, tempat ini remang. Kini, tempat ini sudah lebih terang. Semoga pelecehan seksual tidak terjadi lagi.

"Baru saja lampu ditambahkan," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, kepada detikcom, Sabtu (23/10/2021).

Penambahan lampu penerangan jalan ini dilakukan merespons situasi terbaru. Warga merasa daerah pinggir Jl Jenderal Sudirman dekat Kali Ciliwung ini gelap saat malam hari, padahal jalur ini sering dilewati warga saat jam sibuk malam hari, saat pulang kantor.

"Ditambah lampu tembak," kata Irwandi.

"Nanti kita tambah lagi (lampu persis di lokasi terjadinya pelecehan seksual)," lanjut Irwandi.

Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Pasukan kuning dari Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat memegang lampu sorot untuk sekitar lokasi Jl Margono Djojohadikusumo dan Jl Jenderal Sudirman. (Dok Pemkot Jakpus)

Berdasarkan pantauan detikcom di area kejadian yang berada di pinggir Jl Jenderal Sudirman, pinggir Kali Ciliwung, memang terlihat sangat sepi. Meski begitu, lampu menerangi sampai permukaan jalan.

Ada empat buah lampu dan satu penambahan lagi. Di bagian jalur ini pula terdapat pepohonan yang rindang. Sinar beberapa lampu sedikit terpengaruh oleh pepohonan, meski tidak sampai membuat gelap.

Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasiun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Tidak tampak gelandangan atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang berada di sekitar area seberang Stasiun BNI City ini.

Handoko, salah satu warga yang ditemui di lokasi, mengatakan pihaknya amat sangat bersyukur dengan tindakan cepat yang dilakukan oleh pihak pemerintah DKI dalam kasus pelecehan seksual kali ini.

"Iya bagus, artinya ada respons cepat, kalau sebelum-sebelumnya ini memang kurang terang atau gelap, kebetulan saya juga sering lewat dari sini," katanya saat ditemui di lokasi.

Penerangan lampu sekitar lokasi pelecehan seksual, seberang Stasun Sudirman, dekat Stasiun BNI City, 23 Oktober 2021 pukul 19.30 WIB. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Petugas menambah lampu di Jl RM Margono Djojohadikusumo dekat lokasi terjadinya ekshibisionisme, pelecehan seksual. (Dok Pemkot Jakpus)

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan seorang perempuan menjadi korban pelecehan seksual viral di media sosial. Perempuan itu diketahui menjadi korban aksi ekshibisionisme seorang pria tidak dikenal.

"Jadi beberapa waktu lalu gue sempat ketemu sama pelaku ekshibisionisme di jalan dari kantor gue menuju Stasiun Sudirman. Dia kayak udah mantau jalan dan di jalan ini sudah sepi," kata korban dalam narasi video seperti dilihat, Jumat (22/10).



Simak Video "Seorang Wanita Jadi Korban Ekshibisionisme Dekat Stasiun Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(dnu/dnu)