Ini Lokasi Copet Secepat Kilat Ambil Ponsel Korban yang Gowes di Sudirman

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Sabtu, 23 Okt 2021 16:03 WIB
Lokasi pencopetan pengendara road bike di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, yang videonya viral. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Lokasi pencopetan pengendara road bike di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, yang videonya viral. (Marteen Ronaldo P/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video memperlihatkan aksi copet di jalan raya Ibu Kota. Korban adalah seorang pengendara road bike yang sedang menggowes bareng teman-temannya. Ternyata copet itu bisa secepat kilat mengambil ponsel korban. Di sini lokasinya.

Lokasi pencopetan ada di Jl Jenderal Sudirman Kavling 29, persimpangan dengan Jl Prof Dr Satrio, di bawah flyover Karet, Jakarta Selatan.

Ruas jalan ini memang biasa dilalui oleh road biker di hari-hari biasa, kecuali saat ada larangan melintas saat PPKM Level 4 dan 3 yang telah berlalu.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (23/10/2021) siang, terlihat jalanan tampak ramai dengan kendaraan roda dua dan empat.

Lokasi pencopetan pengendara road bike di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, yang videonya viral. (Marteen Ronaldo P/detikcom)Lokasi pencopetan pengendara road bike di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, yang videonya viral. (Marteen Ronaldo P/detikcom)

Kondisi aspal yang berada di jalan Sudirman itu pun tampak baik dan tidak ada kerusakan yang berarti saat dilalui. Aspal mulus memang ideal untuk road bike yang punya ban ukuran ramping, rata-rata ban ukuran 700x28c atau bahkan 700x23c.

Untuk akses kendaraan sendiri, pengendara dapat melalui jalur kiri yang menuju Kuningan (langsung lewat Jl Prof Dr Satrio), sedangkan lurus mengarah ke Senayan. Dan untuk arah sebaliknya menuju ke Bundaran HI.

Di area tersebut terdapat sebuah jalur untuk sepeda yang biasa digunakan oleh para road biker setiap harinya. Tidak jarang pula ada pesepeda yang melaju di luar jalur.

Untuk lebar jalan raya, Jl Jenderal Sudirman ini mencapai sekitar 20 meter yang diimpit oleh tiang flyover yang berada di atasnya. Sedangkan untuk kecepatan kendaraan sendiri di waktu normal di perkirakan 30 km untuk kendaraan roda empat sendiri.

Untuk kendaraan sepeda sendiri biasanya kerap sekali melalui jalan tersebut di pagi dan sore hari di hari biasanya.

Sebelumnya, dalam video pencopetan tersebut terlihat road biker sedang gowes pletonan bersama rombongannya. Tiba-tiba dari samping kiri pelaku menyambar ponsel yang disimpan di kantong baju bagian belakang korban.

Road bike dijambret di Jalan SudirmanRoad bike dijambret di Jalan Sudirman (tangkapan layar video)

Pelaku dua orang menggunakan motor. Aksi penjambretan ini terjadi secepat kilat.

Kapolsek Setiabudi Kompol Beddy Suwendi mengatakan pihaknya telah menerima laporan korban. Saat ini korban masih dimintai keterangan di Polsek Setiabudi.

"Betul, korban sudah melapor ke Polsek Setiabudi," kata Beddy saat dihubungi, Kamis (21/10/2021).

Beddy mengatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 06.15 WIB. Saat itu korban sedang gowes pletonan bareng rombongannya.

(dnu/dnu)