Padang PPKM Level Berapa? Ini Status dan Info Terbarunya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 18:55 WIB
Padang PPKM Level Berapa? Ini Status dan Info Terbarunya
Padang PPKM Level Berapa? Ini Status dan Info Terbarunya / Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Padang PPKM level berapa? Pertanyaan ini muncul di tengah perpanjangan PPKM. Dalam evaluasi beberapa waktu lalu, pemerintah resmi memperpanjang PPKM luar Jawa-Bali sejak 19 Oktober-8 November 2021.

"Perpanjangan PPKM disampaikan kepada Bapak Presiden dan disetujui, di luar Jawa-Bali 19 Oktober sampai 8 November, dalam 3 minggu, dengan evaluasi dilakukan setiap minggu," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada konferensi pers beberapa waktu lalu.

Status hingga aturan PPKM Padang pun diatur dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 54/2021. Selain mengatur Padang PPKM level berapa, Inmendagri itu juga mencantumkan poin terbaru terkait pelaksanaan PPKM.

Untuk mengetahui status Padang PPKM level berapa, detikcom sudah merangkumnya dari Inmendagri 54/2021. Simak pula aturan hingga poin terbaru di bawah ini.

Padang PPKM Level Berapa: Status PPKM Padang Turun Level

Menjawab pertanyaan Padang PPKM level berapa, kini Kota Padang menjalankan PPKM level 2. Sebelumnya, Padang berstatus PPKM level 4.

Karena perubahan status itu, pemerintah mulai menyesuaikan sejumlah aturan. Sesuai dengan aturan Padang PPKM level berapa, kegiatan yang dilonggarkan seperti pelaksanaan PTM, jam operasional mal dan tempat makan, hingga ditambahnya kapasitas pengunjung bioskop.

Untuk mengetahui aturan apa saja yang disusun, detikcom sudah menyusunnya di bawah ini. Mari disimak.

Padang PPKM Level Berapa: Ini Daerah di Sumbar yang Terapkan PPKM Level 2

Sebelum membahas aturan Padang PPKM level berapa, mari ketahui dahulu daerah di Sumatera Barat yang berstatus PPKM level 2. Berikut daftarnya:

  1. Kabupaten Dharmasraya
  2. Kabupaten Pasaman
  3. Kota Padang
  4. Kota Sawahlunto
  5. Kota Bukittinggi
  6. Kota Payakumbuh
  7. Kota Pariaman

Padang PPKM Level Berapa: Pengunjung Bioskop Maksimal 70%

Daerah di Sumatera Barat yang berstatus PPKM level 2 sudah diketahui. Selanjutnya, mari bahas aturan apa saja yang diterapkan sejalan dengan Padang PPKM level berapa.

Dalam aturan terbaru, kapasitas pengunjung bioskop ditambah 70%. Di sisi lain, tempat makan di area bioskop boleh melayani dine in dengan jumlah pengunjung maksimal 50%. Setiap meja hanya diisi oleh dua orang dan restoran diizinkan menerima take away atau delivery dengan menerapkan protokol kesehatan.

Padang PPKM Level Berapa: Area Publik Sudah Dibuka

Aturan lain soal Padang PPKM level berapa terkait fasilitas umum. Masih mengacu Inmendagri terbaru, area publik pada daerah zona hijau dibuka dengan kapasitas 50%. Sedangkan pada daerah zona kuning, kapasitas pengunjung di area publik maksimal 25%. Kebijakan ini disesuaikan sejalan dengan aturan Padang ppkm level berapa.

Itulah kabar terkini soal Padang PPKMM level berapa. Meski beberapa aturan sudah disesuaikan, mari tetap patuhi protokol kesehatan agar pandemi COVID-19 di Indonesia dapat tertuntaskan.

(imk/imk)