Mahasiswa Ditangkap Pesta Ganja, FIB USU Kini Bikin Deklarasi Antinarkoba

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 17:29 WIB
Deklarasi antinarkoba di FIB USU (dok. Istimewa)
Deklarasi antinarkoba di FIB USU (dok. Istimewa)
Medan -

Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar deklarasi antinarkoba. Kegiatan ini digelar setelah sejumlah mahasiswa ditangkap pesta ganja di kampus FIB USU.

"Saya berharap ini bisa diikuti oleh fakultas-fakultas lain. Universitas juga berkomitmen untuk memberantas narkoba," kata Wakil Rektor I USU Edy Ikhsan di pendapa FIB USU, Jumat (22/10/2021).

Dekan FIB USU T Thyrhaya Zein mengatakan deklarasi antinarkoba digelar sebagai pengingat agar semua pihak menjauhi narkoba. Zein berharap tak ada lagi penggerebekan terkait narkoba di kampusnya.

"Kejadian beberapa waktu lalu harus kita jadikan momentum untuk memperkuat kolaborasi dan komitmen kita bersama untuk lebih meningkatkan prestasi mahasiswa, baik di level internasional maupun nasional," ucap Zein.

Zein mengatakan mahasiswa FIB USU sebenarnya merupakan orang-orang kreatif. Dia meminta kreativitas dimunculkan untuk menghapus citra negatif setelah digerebek BNN itu.

"Kita harus yakin dan percaya bahwa mahasiswa FIB merupakan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif dan berbudaya sehingga stigma negatif yang melekat akibat dari kejadian beberapa waktu lalu dapat digantikan dengan penilaian positif," jelas Zein.

Sebelumnya, BNN melakukan penggerebekan pesta ganja di kampus FIB USU, Sabtu (9/10) malam. Ada 47 orang yang berada di lokasi saat penggerebekan tersebut.

Setelah dites urine, 31 orang di antaranya positif ganja, sedangkan 16 orang lainnya negatif. Sebanyak 14 orang di antara yang positif narkoba itu adalah mahasiswa.

"Jadi, saat razia, kami menemukan 47 orang di TKP. Kami tes urine, 31 positif menggunakan ganja. Sedangkan yang 16 negatif tidak kami bawa ke kantor," sebut Kepala BNNP Sumut Toga Panjaitan.

Petugas mengamankan sejumlah barang bukti ganja. Barang haram itu disebut diketahui milik salah satu orang yang diamankan berinisial JHS. JHS disebut mendapat ganja dari wanita berinisial D. Wanita ini pun lalu ditangkap petugas.

"Kami kejar, hari Minggu, kami tangkap D bersama teman lakinya, FAY, di Jalan Cemara Ujung," ucap Toga.

(haf/haf)