Suara Mahasiswa

GMNI Imanuel Kritik Posisi Sekjen Kemenkumham yang Dijabat Jenderal Aktif

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 16:04 WIB
Sekjen GMNI kubu Imanuel, Sujahri Somar
Sekjen GMNI kubu Imanuel, Sujahri Somar
Jakarta -

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) pimpinan Ketua Umum Imanuel Cahyadi mengkritik jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang diemban jenderal Polri aktif, Komjen Andap Budhi Revianto. GMNI meminta Komjen Andap segera mengundurkan diri.

Menurut Sekjen DPP GMNI Sujahri Somar, Komjen Pol Andap Budhi Revianto telah menabrak aturan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian, yang mengatur seorang anggota Polri aktif tidak boleh rangkap jabatan.

"Kalau merangkap jabatan seperti itu, artinya ada ketentuan yang ditabrak. Seharusnya polisi yang aktif di sisi lain harus mengundurkan diri," tutur Sujahri Somar dalam keterangan tertulis GMNI kubu Imanuel, Jumat (22/10/2021).

Kapolda Maluku Irjen Andap Budhi ReviantoIrjen Andap Budhi Revianto (Audrey Santoso/detikcom)

Sujahri mencatat hal itu pernah dialami oleh Irjen Ronny F Sompie ketika menjabat Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi pada 2015. Ronny, yang ketika itu juga menjabat Kapolda Bali, akhirnya melepas jabatan jenderalnya dan beralih status menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Hal yang sama pernah dilakukan oleh mantan Kapolri Jendral Tito Karnavian, yang akhirnya mencopot jabatannya pada 2019. Mantan Kapolda Metro Jaya ini pun memilih menjadi Menteri Dalam Negeri, yang hingga kini masih diembannya.

"Dari dua contoh itu, seharusnya jabatan yang diduduki Komjen Andap ini tidak sah, karena dia bertugas di dua lembaga tinggi negara. Artinya, pemerintah harus membayar dua kali gaji untuk jenderal bintang tiga ini," katanya.

"Jika masalah ini dibiarkan dan tidak dievaluasi, kami secara kelembagaan melakukan mosi tidak percaya terhadap Kementerian HAM," tutup Sujahri.

Sebagaimana diberitakan detikcom, Menkumham Yasonna Laoly melantik sejumlah pejabat di kementerian yang dipimpinnya pada bulan tiga lalu. Salah satu yang dilantiknya saat itu adalah Komjen Andap Budhi Revianto, yang dilantik menjadi Sekjen Kemenkumham.

"Di antara yang saya lantik hari ini adalah Saudara Andap Budhi Revianto sebagai Sekjen," ujar Yasonna, 10 Maret 2021.

Andap bukan orang baru di Kemenkumham. Dia sempat mengisi jabatan Inspektur Jenderal Kemenkumham.

(dnu/tor)