Taman Margasatwa Ragunan Kembali Dibuka Sabtu Pekan Ini, Catat Aturannya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 14:52 WIB
Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan ditutup sementara waktu. Penutupan dikarenakan penguatan PPKM Mikro dan melonjaknya kasus COVID-19.
Taman Margasatwa Ragunan. (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan dibuka saat DKI Jakarta menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. Rencananya pembukaan dilakukan pada Sabtu pekan ini.

"Betul, hari Sabtu Ragunan Insyaallah buka," kata Kepala Bagian Humas Ragunan Wahyudi Bambang saat dimintai konfirmasi, Kamis (12/10/2021).

Bambang menerangkan, kebun binatang itu beroperasi pukul 7.00-14.30 WIB. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 1245 Tahun 2021, kapasitas pengunjung dibatasi sebesar 25% dan anak-anak di bawah 12 tahun dibolehkan memasuki lokasi wisata.

"Anak-anak sudah boleh masuk asalkan mereka mendapat pendampingan dari orang tuanya," ujarnya.

Sementara ini, hanya ada dua wahana yang dibuka yaitu Pusat Primata Schmutzer dan Taman Satwa Anak. Sedangkan untuk area foodcourt akan diberlakukan sistem ganjil genap pembukaan toko.

"Tempat makan tetap ada namun kami atur berdasarkan nomor ganjil-genap, kami atur pedagang di sana, mereka kan punya nomor dagang. Nanti sehari ganjil, sehari genap, menyesuaikan dengan tanggalnya," terangnya.

Pengunjung wajib melakukan pendaftaran H-1 secara online serta menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi. Bambang juga menuturkan, di kawasan pintu masuk utara dan barat TMR akan diterapkan sistem ganjil genap yang berlaku pada Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB.

"(jika mobil) Tidak sesuai tanggal, misal sekarang tanggal ganjil tapi mobil dia genap nomornya nanti akan diputar balik," jelasnya.

Simak video 'Aturan Terbaru PPKM Level 2 di Jakarta Berdasarkan Kepgub':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)