2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Tren Kepuasan Publik Menurun

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Okt 2021 09:38 WIB
Saat Jokowi Genggam Erat Tangan Maruf Amin Usai Tabuh Beduk Festival Sholawat
Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin (sebelum pandemi COVID-19). (Dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Dua tahun sudah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memimpin Indonesia. Berdasarkan sejumlah survei, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf sempat naik tapi kemudian menurun. Persis sehari sebelum dua tahun Jokowi-Ma'ruf, muncul rilis berkesimpulan kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma'ruf relatif stabil.

Tren kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma'ruf ini terbaca dari hasil survei pelbagai lembaga dengan ribuan responden, dihimpun detikcom hingga Rabu (20/10/2021).

Lembaga survei Indikator Politik memotret suara responden dan membandingkan hasilnya, antara Februari 2020 dan Februari 2021. Hasilnya, ada kenaikan angka ketidakpuasan atas kinerja Jokowi.

Pada Februari 2020, 26,1% responden kurang puas dan 2,0% responden tidak puas sama sekali. Pada Februari 2021, 33% publik kurang puas dan 2,6% tidak puas sama sekali.

Sempat naik

Pada April 2021, kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf sempat terpantau naik. Respons publik ini direkam oleh Litbang Kompas pada 13 sampai 26 April 2021. Saat itu, 69,1% responden puas dengan Jokowi-Ma'ruf dan 30,9% responden tidak puas terhadap Jokowi-Ma'ruf.

Secara bersamaan, naiknya kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi juga dicatat oleh survei Indikator Politik. Periode surveinya antara 13 sampai 17 April 2021. Hasilnya, 63,7% sangat puas/cukup puas, 31% kurang puas, 3,4% tidak puas sama sekali.

Setelah ada tren kenaikan, selanjutnya terjadi tren penurunan mulai bulan Juli.

Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di GresikJokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)

Tonton video '2 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin di Mata KontraS & ICW':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, menurun kemudian: