Pemprov DKI Siapkan TransJakarta Rute Stasiun Senen-Stadion JIS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 22:46 WIB
Foto udara pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Jumat (17/9/2021). Progres pembangunan Jakarta International Stadium berkapasitas 82.000 penonton yang digarap oleh PT Jakarta Propertindo itu pada minggu ke-105 telah mencapai 70,8 persen. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Pembangunan Stadion JIS (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan layanan bus TransJakarta rute Stasiun Senen-Jakarta International Stadium (JIS). Rute ini masuk koridor 14.

"Kemudian tahun depan mau disiapkan satu koridor busway yang akan melayani ke stasiun JIS, koridor 14 direncanakan dari Stasiun Senen ke JIS," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Selasa (19/10/2021).

Syafrin menjelaskan penyediaan layanan ini bertujuan mendukung aktivitas di kawasan JIS. Nantinya, jalur bus TransJakarta rute ini akan bercampur dengan kendaraan umum atau mix traffic.

"Jadi dia melintas dari Stasiun Senen kemudian Jl Letjen Suprapto, kemudian dari Letjen Suprapto belok kiri jalur nanti masuk Jl Benyamin Sueb lalu masuk ke HBR Motik dan langsung ke JIS," terangnya.

Syafrin menuturkan rute ini akan diuji coba terlebih dahulu. Meskipun tak menjelaskan lebih lanjut, dia pun membuka peluang rute akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

"Dengan peningkatan frekuensi yang kita harapkan bisa diuji layanannya, termasuk di beberapa koridor yang sudah melayani sebelumnya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan instruksi Anies, JIS akan diresmikan pada Desember 2021.

"Meskipun dalam pandemi COVID-19, saat ini pembangunan JIS (minggu ke-105) telah terealisasi sebesar 69,85 persen. Memberdayakan lebih dari 2.400 tenaga kerja," tulis dokumen Pemprov DKI seperti dilihat detikcom, Sabtu (11/9/2021).

Adapun peresmian Jakarta International Stadium direncanakan akan dilaksanakan pada akhir 2021. Pemprov DKI mengajak semua pihak berkontribusi untuk meregenerasi kawasan sekitar JIS.

Awalnya pembangunan Jakarta International Stadium direncanakan sejak 2009 pascakonversi Stadion Lebak Bulus menjadi stasiun MRT.

Pembangunan Jakarta International Stadium tersebut sekaligus untuk menjadi pusat pariwisata baru berskala internasional yang bertujuan meningkatkan perekonomian kawasan sekitar.

JIS dibangun sebagai stadion multievent bertaraf internasional yang berpihak pada seluruh masyarakat serta mendukung visi kota yang liveable dan berkelanjutan.

(taa/mae)