Pengamat Sebut Kebijakan Herman Deru-Mawardi Yahya Pro Rakyat Sumsel

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 22:38 WIB
Pemprov Sumsel
Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Pengamat Kebijakan Eko Sri Raharjo menyoroti kinerja Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (MY) selama tiga tahun terakhir. Eko mengatakan keduanya memiliki kinerja yang cukup baik selama memimpin Sumsel.

Sejak awal kepemimpinan, Eko mengatakan HD-MY telah berfokus terhadap kebijakan populis, yakni kebijakan yang berpihak langsung kepada masyarakat. Hal ini terlihat dari kebijakan pembangunan di Sumsel seperti jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

"Sejak awal kebijakan HDMY ini fokus pada pembangunan infrastruktur. Ini merupakan langkah baik, karena akses jalan sangat dibutuhkan masyarakat untuk mobilitas dan mengakselerasi ekonomi," kata Eko dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Dalam membuat kebijakan, Eko menyampaikan HD kerap melakukan blusukan ke berbagai daerah di Sumsel. Menurutnya, upaya ini merupakan cara efektif untuk menyamakan kebijakan dengan kondisi masyarakat.

"Gaya yang dilakukan Gubernur ini blusukan ke lapangan dan ini bagus. Artinya kebijakan itu tidak serta merta dikeluarkan melainkan berdasarkan kondisi yang dilihat langsung oleh pemimpin, sehingga bisa dikatakan kebijakan itu pro masyarakat," katanya.

Ia mengatakan upaya blusukan HD ke setiap daerah layak dilakukan seorang pemimpin. Mengingat pemimpin memang perlu melihat langsung kondisi wilayahnya dan menyatu dengan masyarakat.

"Saya pikir gaya blusukan ini sangat diterima masyarakat. Ini membuktikan jika pemimpin tersebut tidak sungkan dan tidak ada batasan dengan masyarakat. Apalagi, antara Gubernur dan Wakilnya bergantian melakukan blusukan ini. Saya menilai HDMY ini pemimpin yang mudah dijangkau," lanjutnya.

Ia pun mengakui upaya HD-MY dalam memajukan Sumsel perlu diapresiasi. Terlebih keduanya telah dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Sumsel.

"Secara spesifik, capaian Herman Deru ini tercatat dalam penghargaan yang telah diraih, meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia dan turunnya angka kemiskinan. Ini menjadi indikator keberhasilan Herman Deru dalam membangun Sumsel ini," katanya.

Terkait hasil hasil survei lembaga Populi Center terhadap kinerja HD-MY, Eko mengatakan dirinya sependapat dengan hasil tersebut. Dalam survei tersebut, sebanyak 79,9 persen masyarakat Sumsel mengaku puas dengan kepemimpinan HD-MY.

"Ada kepuasan dari masyarakat terhadap kinerja HDMY ini, termasuk di bidang sosial dan ekonomi. Saya lihat, kondisi ekonomi Sumsel secara keseluruhan meningkat. Ada perbaikan di Sumsel ini," paparnya.

Melihat dari hasil survei tersebut, Eko menilai pasangan HD-MY memiliki peluang besar untuk lanjut memimpin Sumsel.

"HDMY ini pasangan yang kompak, loyal terhadap masyarakat. Mereka punya kans untuk lanjut," paparnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Sumsel, Dr Tarech Rasyid mengatakan hasil survei tersebut dapat dipercaya jika melihat dari kaidah metodologi survei. Pasalnya, hampir semua pertanyaan yang berkaitan dengan kinerja HD-MY mendapat respons positif.

"Tingkat kepercayaan, tentu bervariasi karena faktor sampel yang diambil. Tetapi jawaban publik atau masyarakat sangat puas dengan kinerja HDMY," ujarnya

Dijelaskannya, respons yang positif merupakan bentuk timbal balik atas kinerja HD-MY. Terlebih dalam survei tersebut, masyarakat mengaku puas dengan pembangunan infrastruktur di Sumsel.

"Fakta di lapangan juga menunjukkan hasil yang baik atas program pembangunan infrastruktur. Pemerataan infrastruktur yang dilakukan di semua kabupaten/kota di Sumsel dirasakan oleh masyarakat," ucapnya.

Meski demikian, ia mengimbau agar keduanya memperhatikan kestabilan pangan yang menjadi tuntutan masyarakat. Tarech berharap program lumbung pangan Sumsel turut berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat, khususnya terkait kestabilan harga bahan pokok.

"Ini saran dari masyarakat agar pemerintah mengontrol pasar agar harga tetap stabil. Apalagi Sumsel ikut terdampak wabah pandemi COVID-19," ujarnya.

Selain itu, Tarech juga mengingatkan agar pemerintah tetap fokus pada visi misi awal tentang pemerataan infrastruktur yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ia pun menyarankan agar pemerintah mengoptimalkan sektor pertanian dalam memajukan Sumsel.

"Saya kira hasil survei ini menjadi bukti jika kinerja yang telah dilakukan berdampak baik bagi masyarakat. Ini sebagai respon masyarakat atas kinerja yang telah dilakukan HDMY selama menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel," pungkasnya.

(akn/ega)