Survei Populi Center: 79,9% Responden Puas Kinerja Gubernur-Wagub Sumsel

Inkana Putri - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 22:27 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya (MY)
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Lembaga Populi Center merilis hasil survei terkait opini dan kebijakan publik di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan. Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat Sumsel terhadap kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya (MY) relatif tinggi.

Adapun rerata tingkat kepuasan berada di angka 7,58 dari skala 1-10 dan akumulasi skor 6-10 atau positif/puas sebesar 79,9 persen.

"Mayoritas masyarakat Sumsel puas terhadap kinerja pemerintahan Pemprov Sumsel," ujar Peneliti Populi Center, Dhimas Ramadhan dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021).

Dalam survei tersebut, dari 800 responden yang diwawancarai, sebanyak 68,0 persen mengaku puas (5,5 persen sangat puas, 62,5 persen puas) dengan kinerja Pemprov Sumsel.

Hasil survei juga melaporkan masyarakat mengakui pembangunan infrastruktur dan perbaikan jalan merupakan prestasi paling berkesan dari pemerintahan HD-MY.

"Dalam pertanyaan terbuka mengenai prestasi paling berkesan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya, sebesar 15,8 persen menjawab pembangunan infrastruktur dan sebesar 12,5 persen menjawab pembangunan dan perbaikan jalan," papar Dhimas.

Selain itu, masyarakat Sumsel juga memberikan penilaian positif terhadap pembangunan Sumsel dalam satu tahun terakhir. Dhimas menyebut 74,1 persen masyarakat mengakui adanya kemajuan pembangunan selama pemerintahan HD-MY.

"74,1 persen responden menjawab mengalami kemajuan (19 persen menganggap maju pesat," tambahnya.

Meski masyarakat merasa pembangunan Sumsel maju, tetapi masyarakat secara umum juga merasakan adanya penurunan penghasilan rumah tangga. Menurut Dhimas, hal ini merupakan dampak dari adanya pandemi COVID-19.

"Diduga penurunan ini terjadi menyeluruh, dikarenakan pandemi COVID-19," katanya.

Sementara terkait survei kondisi kehidupan masyarakat, sekitar 48,8 persen responden menjawab lebih baik (2,9 persen mengaku jauh lebih baik, 45,9 persen mengaku lebih baik).

Sebagai informasi, survei ini diselenggarakan Populi Center pada 9-15 Oktober 2021 terhadap responden yang tersebar secara proporsional di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumsel. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat kesalahan (margin of error) kurang lebih 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Proses wawancara tatap muka dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

(fhs/ega)