Pengacara Bantah Bupati Kuansing Andi Putra Terjaring OTT KPK

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 19:15 WIB
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra diterbangkan ke Jakarta setelah menjalani pemeriksaan awal oleh penyidik KPK.
Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra dibawa ke Jakarta oleh penyidik KPK setelah 17 jam diperiksa. Penasihat hukum memastikan Andi Putra tidak terjaring OTT.

"Diperiksa dari pukul 22.00 WIB, kondisinya sehat-sehat saja. Beliau rencana ke sini, ke Pekanbaru dari Taluk Kuantan karena akan menghadiri sidang," kata penasihat hukum Andi, Dodi Fernando, Selasa (19/10/2021).

Andi berangkat ke Pekanbaru dari Taluk Kuantan didampingi sopir dan ajudannya, Selasa (18/10). Setiba di Pekanbaru pukul 21.00 WIB, Andi Putra dihubungi penyidik KPK.

"Kemarin pagi ke kantor, ke rumah pulang dan sekitar pukul 11.00 WIB berangkat dari rumah ke Pekanbaru. Setelah itu, sopirnya dihubungi penyidik KPK untuk merapat ke Polda," kata Dodi.

Dodi dengan tegas mengatakan Andi Putra tidak dalam kondisi terjaring operasi tangkap tangan.

"Pak Bupati tidak dalam kondisi tertangkap tangan menerima hadiah, tidak ada," imbuh alumni Fakultas Hukum Universitas Riau tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Andi terlihat keluar dari gedung pemeriksaan di Polda Sumatera Selatan (Sumsel) memakai jaket hitam dan kaus biru. Ia keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 17.06 WIB dengan terburu-buru.

"Mohon doanya ya, biar lancar," kata Andi saat ditanya terkait kasus yang menyeret dirinya.

Terkait hal ini, Plt Jubir KPK, Ali Fikri menyatakan pemeriksaan terhadap Andi terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah terkait perizinan kebun. Namun barang bukti belum ada yang dibeberkan.

"Informasi yang kami peroleh terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah terkait dengan perizinan perkebunan," kata Ali.

Lihat Video: KPK OTT Bupati Kuansing, Diduga Terkait Suap Izin Perkebunan

[Gambas:Video 20detik]




(ras/aud)