Pemkab Tangerang Targetkan Vaksinasi COVID 58 Ribu Dosis/Hari

Khairul Ma'arif - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 18:16 WIB
Jubir satgas Covid-19 dr. Hendra Tarmizi (Khairul Maarif/detikcom)
Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi (Khairul Ma'arif/detikcom)
Tangerang -

Baru 56,4 persen warga Kabupaten Tangerang yang sudah divaksin Corona. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan Pemkab Tangerang akan mempercepat vaksinasi untuk warganya dengan target 1.500 dosis per hari untuk satu kecamatan.

"Kalau setiap hari berarti ada 29 kecamatan berarti vaksinnya sehari target kita 58.500 vaksin," ujar Zaki kepada wartawan di Pendopo Bupati Tangerang, Selasa (19/10/2021).

Zaki membeberkan beberapa kendala vaksinasi di wilayahnya. Salah satunya keterbatasan kesehatan.

Namun, saat ini Kabupaten Tangerang sudah mendapat kiriman tenaga kesehatan dari TNI sekitar 200 orang. Terkait dikeluarkannya Kabupaten Tangerang dari aglomerasi Jabodetabek karena perbedaan level PPKM, pihaknya mengaku akan bekerja keras.

"200 orang itu akan kita gerakan di gerai tingkat RT/RW untuk dosis pertama. Apa yang mau ditanggapin itu datanya, kita harus kerja keras," tegasnya.

Sementara itu, juru bicara Satgas COVID-19 dr Hendra Tarmizi mengatakan tenaga kesehatan puskesmas yang dimiliki sekitar 600 orang. Untuk vaksin di tingkat RT/RW, akan dikoordinasikan bersama camat, kapolsek, dan danramil.

"Mereka melakukan koordinasi mendata tingkat RT warga yang belum tervaksin akan divaksin. Datanya kita ambil untuk dimasukkan ke data P Care ataupun PeduliLindungi," katanya.

Hendra menargetkan 70% warga Kabupaten Tangerang sudah divaksinasi pada awal November. "Insyaallah 1.500 per hari bisa mencapai 70% masyarakat tervaksin. Saat ini kan sudah mencapai 56,4% masyarakat kita yang divaksin," jelasnya.

(isa/isa)