PPKM Malang Raya Terbaru: Status Daerah dan Aturan

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 16:51 WIB
PPKM Malang Raya Terbaru: Status Daerah dan Aturan
PPKM Malang Raya Terbaru: Status Daerah dan Aturan -- ilustrasi (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

PPKM Malang Raya terbaru kini perlu untuk diketahui kembali. Baru-baru ini pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Diketahui bahwa PPKM kali ini akan dilaksanakan selama 2 pekan terhitung dari 19 Oktober 2021 sampai 1 November 2021. Aturan mengenai PPKM daerah Jawa Bali tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, level 2, dan level 1 COVID-19.

Inmendagri tersebut ditandatangani Mendagri Tito Karnavian, Senin (18/10/2021). Ia juga meminta agar masing-masing daerah mengoptimalkan posko penanganan COVID-19.

"Untuk melengkapi pelaksanaan PPKM yang mengoptimalkan posko penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian penyebaran COVID-19," demikian bunyi Inmendagri tersebut

Berikut informasi mengenai PPKM Malang Raya terbaru yang sudah kami rangkum.

PPKM Malang Raya Terbaru: Status Level

Diketahui bahwa wilayah Malang Raya meliputi Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Adapun status PPKM wilayah Malang Raya berdasarkan Inmendagri nomor 53 Tahun 2021 adalah sebagai berikut.

Level 2

  1. Kota Malang
  2. Kota Batu

Level 3

  1. Kabupaten Malang

Setelah mengetahui status PPKM Malang Raya, berikut informasi mengetahui aturan PPKM di Malang Raya.

Aturan PPKM Malang Raya Terbaru

Dalam pemberlakuan PPKM ini tentunya pemerintah juga melakukan penyesuaian aturan. Luhut memaparkan penyesuaian itu dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Senin (18/10/2021).

"Seiring dengan kondisi situasi COVID-19 yang semakin baik, ada beberapa penyesuaian aktivitas masyarakat yang mulai dapat diberlakukan pada periode PPKM ini," ujar Luhut.

Adapun aturan yang disesuaikan dalam PPKM Malang Raya adalah sebagai berikut.

Aturan PPKM Malang Raya Terbaru: Tempat Permainan Anak

Tempat permainan anak di mal atau pusat perbelanjaan di daerah dengan PPKM level 3 masih belum diperbolehkan beroperasi. Namun boleh dibuka untuk kab/kota di level 2. Tempat permainan anak diharuskan mencatat nomor telepon dan alamat orang tua serta waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing.

"Kami mensyaratkan untuk tempat bermain anak harus mencatat nomor telepon serta alamat orang tua pada waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," kata Luhut.

Demikian informasi soal PPKM Malang Raya terbaru. Aturan lainnya di halaman selanjutnya.