detikcom Do Your Magic

Renovasi Pasar Kambing Tanah Abang Selesai, Pedagang Dapat Nomor Kios-Lapak

Firda Cynthia - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 13:11 WIB
Kondisi Pasar Kambing yang sudah siap huni, Selasa (19/10/2021).
Pasar Kambing seusai renovasi (Firda Cynthia/detikcom)
Jakarta -

Enam bulan setelah kebakaran, renovasi lapak dan kios Pasar Lontar atau Pasar Kambing, di Tanah Abang, Jakarta Pusat telah selesai. Para pedagang telah mendapat nomor lapak yang akan mereka tempati di pasar tersebut.

"Iya udah diundi (nomor kios). Kemarin, hari Minggu. Dapat nomor 056," kata Sariti (45), salah satu pedagang yang kiosnya ludes terbakar, saat ditemui detikcom di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (19/10/2021).

Selain itu, Sariti menuturkan telah memperoleh kunci kios yang baru. Hanya, ia mengaku masih belum tahu pasti soal kapan kios yang baru dapat ditempati kembali.

Sariti, Pedagang di Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat..Sariti, pedagang di Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Firda Cynthia/detikcom)

"Tapi entar kalau ini udah pada dibongkar pagarnya baru pada boleh masuk (berjualan di dalam). Kayaknya nanti akhir bulan ini," katanya.

Sejak insiden kebakaran enam bulan lalu, ia berjualan di lapak sementara di pinggir Jalan Sabeni Raya yang berada di depan Pasar Kambing. Ia mengaku mengalami sejumlah kendala. Misalnya, menurut dia, tenda lapaknya kebocoran air saat hujan turun.

"Ini kan harusnya jalanan, nggak boleh dagang. Cuman karena nggak ada tempat jadinya dikasih penampungan di sini sementara," ujar Sariti.

"Kalau dibilang bocor mah ya bocor," sambungnya.

Kondisi Pasar Kambing yang sudah siap huni, Selasa (19/10/2021).Pedagang belum menempati area Pasar Kambing yang telah direnovasi, Selasa (19/10/2021). (Firda Cynthia/detikcom)

Idas (35), pedagang lainnya, juga sudah mendapat nomor kios yang baru. Dari hasil undian itu, Idas mengatakan dia mendapat kios yang terletak di dalam bangunan pasar.

"Udah diundi, pas minggu kemarin. Dapat nomor 34 dan 35, di ujung sana," kata Idas.

Idas juga mengaku telah mendapat dua kunci kios baru miliknya itu. Meskipun begitu, ia mengatakan masih belum siap membuka kios yang baru. "Belum tau sih kalau itu (rencana membuka kios)," ujarnya.

Ia menceritakan, gudang beras miliknya terbakar ludes saat insiden kebakaran itu. Lantas, kata Idas, dia menjadikan rumahnya sebagai gudang dagangannya untuk sementara.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.