Maulid Nabi, Jokowi Sampaikan Pesan Kepedulian di Tengah Pandemi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 09:37 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H. Jokowi mengajak untuk meneladani sabda Nabi Muhammad SAW tentang kepedulian sesama.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram @jokowi seperti dilihat detikcom, Senin (19/10/2021). Jokowi juga mengunggah foto ilustrasi warga berbagi.

"Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini kita peringati di tengah pandemi yang menguji kesabaran kita sebagai insan beriman," tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang berakhlak mulia. Jokowi lantas mengingatkan sabda Nabi tentang pentingnya membantu saudara.

"Mari, mengambil suri teladan dari sosok baginda Nabi Muhammad SAW begitu penyabar, berakhlak mulia, dan mendahulukan umatnya. Baginda Nabi bersabda, 'siapa yang melepaskan kesusahan saudaranya maka Allah akan melepaskan kesusahannya nanti pada hari kiamat'," kata Jokowi.

"Dengan semangat kepedulian itulah, bangsa kita mampu melalui masa-masa sulit ini," sambung Jokowi.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyampaikan pesan penting di peringatan Maulid Nabi 1443 H Ma'ruf mengatakan akan terus bekerja untuk membangun generasi yang unggul.

"Meskipun kita sekarang masih dalam suasana pandemi Covid-19, tapi kondisi ini diharapkan segera berlalu. Kita tidak hanya ingin kembali dalam kehidupan sosial yang normal, tapi juga ingin membuat lompatan-lompatan besar untuk kemajuan," tulis Ma'ruf di akun Instagram-nya.

"Kita akan bekerja keras membangun generasi baru, yaitu generasi-generasi yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Generasi sumber daya manusia yang unggul dan memiliki أخلاق الكريمة (akhlak mulia) seperti yang diajarkan Rasulullah SAW," sambung Ma'ruf.

Ma'ruf berharap peringatan Maulid Nabi tahun ini bisa meningkatkan persatuan sesama manusia. Selain itu, kata Ma'ruf, hubungan kepada Allah SWT terus ditingkatkan secara maksimal.

"Mudah-mudahan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 Hijriyah ini akan memberikan inspirasi kepada kita untuk terus membangun silaturahim (persatuan dan kesatuan) kepada sesama manusia dengan cara yang baik. Dan, membangun hubungan kepada Allah SWT dengan memenuhi hak-haknya secara maksimal," ujar Ma'ruf.

Simak video 'Peringati Maulid Nabi, Wapres Singgung Pembangunan SDM':

[Gambas:Video 20detik]




(knv/fjp)