Kronologi Kasus Rasisme 'Orang Betawi Bodoh' hingga Pelaku Diciduk

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Okt 2021 09:11 WIB
Viral Anggota Ormas Bekasi Sebut Orang Betawi Bodoh, Haji Lulung Marah
Viral oknum ormas sebut 'orang Betawi Bodoh' (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Polisi mengungkap kronologi oknum ormas di Bekasi berinisial VVL menyebut 'orang Betawi Bodoh' hingga video viral di media sosial. Polisi menyebut peristiwa itu terjadi saat malam hari ketika pelaku menjaga proyek gorong-gorong.

"Pelaku dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan dan perbuatan yang disertai dengan ancaman kekerasan," ucap Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Aloysius mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/10) malam. Saat itu, VVL sedang menjaga proyek di Bekasi Selatan.

"Kemudian di proyek tersebut datang seorang anak, ketika ditanyai identitas, kemudian kepentingan dijawab dengan berbelit-belit," tuturnya.

Lantaran tak menerima jawaban, VVL kesal kepada korban. Dia pun mengeluarkan kata-kata umpatan dan menyebut 'orang Betawi Bodoh'.

"Kemudian pelaku marah, kemudian melakukan kegiatan tadi, dia mengumpat dengan kata-kata yang bersifat SARA. Kejadian tersebut direkam dalam video yang kemudian viral," kata Aloysius.


Polisi Tangkap Pelaku

Setelah video itu viral, polisi juga menerima laporan mengenai adanya dugaan penghinaan bernada SARA atas terlapor VVL. Polisi pun mengejar VVL.

"Kemudian, dari kejadian tersebut, karena viral kemudian juga menyebut salah satu kelompok tertentu, membuat laporan ke polisi kita melakukan pengejaran," tutur Aloysius.

Pada Minggu (17/10) kemarin, polisi berhasil mengamankan VVL di Slawi, Jawa Tengah (Jateng). VVL ditangkap saat tengah asyik karaoke.

"Yang bersangkutan diamankan ketika sedang berkaraoke," ujar dia.

Tonton Video: Oknum Ormas Bekasi Penyebut 'Orang Betawi Bodoh' Dipolisikan

[Gambas:Video 20detik]